Merasakan Ayunan Suspensi Tabung Yamaha Nmax 2018 Share this
Review Motor
Mode baca

Merasakan Ayunan Suspensi Tabung Yamaha Nmax 2018

Denny Basudewa
pada 12 Desember 2017

Foto: Yamaha Nmax 2018

JAKARTA – Merasakan perbedaan handling dan manuver pada Yamaha Nmax 2018 di Sirkuit Sentul Karting.

Setelah resmi diluncurkan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan kesempatan para jurnalis, untuk merasakan perbedaan pada skutik gambot tersebut. Dengan ubahan yang sangat mencolok pada suspensi belakang model tabung, kendaraan ini membuat Otospirit.com penasaran akan impresi berkendaranya.

Sebelum memulai test ride, sirkuit yang memiliki panjang lintasan 1,2 kilometer ini memang bukanlah tempat paling tepat, dalam menguji kemampuan suspensi. Khususnya pada penggunaan sehari-hari.

Namun pihak YIMM memberikan beberapa rintangan di sekitar sirkuit, guna memaksimalkan sesi uji coba. Tumpukan kayu menjadi perumpamaan jalan yang tidak rata, di beberapa kondisi jalan di Tanah Air.

Sementara terdapat arena gymkhana atau mini slalom, guna mengetahui respon suspensi ketika kendaraan, diajak meliuk-liuk menghindari rintangan. Impresi pertama kami setelah melalui kedua tantangan tersebut di atas, memang terjadi rombakan besar pada kemampuan suspensi belakang.

Bantingan suspensi belakang terasa jauh lebih lembut dibandingkan generasi sebelumnya. Jika pada suspensi Nmax lawas akan mendapati bunyi cukup keras, terutama saat melintasi jalan tidak rata dengan kecepatan cukup tinggi, kini tidak ada lagi gejala tersebut.

Perbedaan Nmax 2018 Yamaha Nmax 2018

Waktunya masuk ke dalam sirkuit yang diperuntukkan bagi gokart tiba. Lintasan cukup menantang karena begitu banyak tikungan dan cukup patah. Selain itu, kondisi trek sendiri tidaklah mulus bisa dilihat dari banyaknya tambalan dengan menggunakan semen. Sehingga membuat lintasan cukup licin dan agak berbahaya.

Seperti kami ceritakan sebelumnya, ubahan mendasar pada Yamaha Nmax 2018 hanya fokus pada suspensi belakang. Maka konsentrasi kami menyasar pada handling berkendara, terutama saat bermanuver.

Selama 3 putaran kami mencoba mengendalikan Yamaha Nmax 2018 yang mengandalkan rear subs-tank berkelir gold. Seperti telah kami sampaikan di atas sebelumnya, sirkuit Sentul kecil bukanlah tempat paling pas guna menguji kemampuan suspensi motor harian.

Perbedaan Nmax 2018 Yamaha Nmax 2018

Walhasil kami mesti ekstra hati-hati agar tidak melebar keluar lintasan ketika memasuki tikungan. Meskipun telah dibekali peranti keselamatan berkendara optimal, namun kami tetap harus waspada dan tidak berani membuka gas secara penuh.

Kemampuan suspensi belakang model tabung dikatakan memiliki daya tahan lebih stabil dibanding model biasa. Terutama ketika kendaraan dipakai untuk menempuh jarak jauh. Sekali lagi uji coba kami kali ini tidak bisa dijadikan refensi, untuk menyimpulkan kemampuan suspensi secara maksimal.

Namun impresi sesaat kami, menunggangi Yamaha Nmax 2018 memang terdapat perubahan signifikan pada suspensi belakang. Bantingan menjadi lebih empuk dan nyaman bagi pengendara bertubuh kurus sekalipun.

Yamaha Nmax 2018 yang dipasarkan lebih mahal Rp 600 ribu dibandingkan model lama, membuatnya sepadan untuk dimiliki. Terlebih segmen skutik gambot kini semakin digemari masyarakat di Indonesia. [Dew/Ikh]


Komentar