Menikmati Pulau Dewata dari Kabin Penumpang All-new Innova Share this
Review Mobil
Mode baca

Menikmati Pulau Dewata dari Kabin Penumpang All-new Innova

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 06 Desember 2015

SINGARAJA - Mobil123.com bersama puluhan jurnalis diajak merasakan all-new Toyota Kijang Innova di pulau Dewata, Bali, dari 3-5 Desember 2015.

Perjalanan kali ini diharapkan kami menemukan pengalaman baru dan menyenangkan sekaligus menikmati daerah-daerah legendaris sesuai tema "The Legend Reborn" pada all-new Kijang Innova.

Dalam perjalanan ini, Mobil123.com berkesempatan menjadi penumpang all-new Kijang Innova Q diesel M/T di hari pertama. Etape pertama yang menempuh jarak 97 km, dimulai dari bandara Ngurah Rai Bali - DeDanau Bedugul dan finish di hotel Puri Bagus Lovina.

Kendaraan yang kami tumpangi disokong mesin kapasitas 2.4-liter diesel menyuguhkan tenaga 149 Hp dan torsi 360 Nm.

"Mesin diesel 2GD baru lumayan bertenaga. Ada mode Ecomode dan Powermode untuk menyesuaikan kondisi jalan sehingga menambah kenikmatan berkendara," ujar pengendara sambil memperhatikan jalurnya.

Mesin diesel Innova terbaru mengalami penurunan, namun menurutnya, tenaga yang dihasilkan lebih perkasa, dan cocok untuk kondisi jalan aspal dan semi-offroad. Dia menceritakan pengalaman pertama merasakan mesin baru pada all-new Kijang Innova yang tersimpan teknologi peralihan cepat dari Ecomode ke Powermode yakni saat menyalip kendaraan di depan.

Teknologi Powermode sebenarnya bukan memberikan suplai tenaga tambahan. Teknologi ini cuma 'memanipulasi' throttle agar lebih responsif terbuka. Begitu juga pada Ecomode, komponen throttle lebih santai membuka. Jadi antara pedal gas, ECU dan mesin kompak memberikan efek 'dorongan' kepada pengendara.

Contoh pada Ecomode. Jika pijakan pedal gas 10 persen, namun bukaan throttle hanya sekitar 8 persen. Efeknya mesin lebih hemat bahan bakar minyak (BBM) tanpa mengurangi tenaga.

Hal serupa terjadi pada Powermode. Dalam kondisi pedal gas diinjak 10%, maka throttle bisa membuka 15%, dan bukaan throttle diakui Toyota lebih responsif ketimbang mesin diesel lawas.

"Enggak perlu ribet main pedal gas. Semua sudah diatur komputer yang canggih," celetuk pengendara.

Di saat 'driver' menentukan arahnya menuju Dedanau Bedugul, sementara itu Mobil123.com menikmati interior all-new Kijang Innova yang didesain 'living room' dengan suguhan kemewahan mulai dari kabin depan, tengah dan belakang.

Interior medium-MPV dengan daya tampung 8 penumpang tersebut sudah menyajikan layar sentuh TFT 4,2", luxury glove box, startstop engine, jok dibungkus bahan fabric, serta steering switch.

Duduk di kursi tengah terasa lega dengan model captain seat dengan sandaran tangan. Model kursi ini juga bisa maju-mundur secara manual.

Warna-warna interior tidak terlalu mencolok dengan perpaduan warna hitam, silver, wood panel dan abu-abu. Untuk penumpang tinggi badan 168cm akan terasa lega ketika berada di interior all-new Kijang Innova ini.

Kemewahan bertambah ketika melongok ke atap yang sudah dilengkapi blue illumination berdempetan dengan tombol pengatur ac yang mudah dijangkau oleh penumpang tengah.

Nah, Toyota sepertinya tidak ingin kompromi soal kebutuhan para boss, sebab sudah dilengkapi seat back table yang berfungsi untuk meletakkan laptop, atau telepon-genggam. Sayangnya ukuran table masih terbilang kecil, sehingga tidak ada ruang untuk menaruh minuman.

Untuk menjawabnya, Toyota mendesain cup holder di sebelah kanan kursi baris kedua. Kehadiran meja itu tidak saja memberi warna baru pada all-new Kijang Innova, tapi juga menjawab kebutuhan para konsumen.

Tak terasa, perjalanan menuju lokasi legendaris DeDanau Bedugul berakhir, setelah melintasi medan tanjakan di daerah Gingit, perbatasan antara Bedugul dan Singaraja. Di lokasi tersebut juga, karakter kenyamanan all-new Kijang Innova terjawab, meski tidak ada perubahan signifikan pada suspensinya.

Danau di Bedugul sebagai destinasi wisata dalam media test drive all-new Kijang Innova tersebut bukan tanpa alasan. Danau itu sudah menjadi lokasi wisata tersohor di Bali, bahkan danau dengan nama Danau Beratan itu kini menghiasi uang kertas nominal Rp 50 ribu.

Setelah menyantap hidangan makan siang di salah satu restoran dengan pemandangan Danau Beratan, rombongan bertolak menuju resort dengan konsep natural di pinggir pantai Lovina yakni Puri Bagus Lovina.

Hadir di Indonesia, all-new Kijang Innova telah memberikan kenyamanan dan keamanan serta teknologi terdepan yang melebihi ekspektasi calon konsumennya. [Ikh/Idr]


Komentar