Kemenangan Ketujuh Beruntun Marc Marquez di Sachsenring Share this
MotoGP
Mode baca

Kemenangan Ketujuh Beruntun Marc Marquez di Sachsenring

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 17 Juli 2016

Foto: Kemenangan ketujuh Marc Marquez di Sachsenring

SACHSENRING - Marc Marquez keluar sebagai pemenang di seri kesembilan MotoGP 2016 yang berlangsung di Sachsenring, Jerman. Hasil ini mengukuhkan kemenangan ketujuh beruntun dalam berbagai kelas bagi pembalap Spanyol berjuluk The Baby Alien ini.

Dalam catatan kemenangan ketujuh Marquez secara beruntun tersebut pada 2010 di kelas 125cc; 2011 dan 2012 di kelas Moto2; 2013, 2014 dan 2015 di kelas MotoGP.

Lintasan basah yang mewarnai paruh pertama balapan sempat membuat Marquez kewalahan, apalagi setelah peringkat pertamanya dikudeta oleh Valentino Rossi yang dibuntuti oleh Andrea Dovizioso. Memasuki lap kedua, Rossi kalah bersaing dengan Dovizioso yang menunjukkan perfoma apiknya, diikuti dengan Danilo Petruci sehingga membuat persaingan semakin ketat.

Hingga lap ke-10, Petrucci sempat memimpin balapan dan cukup disayangkan dia terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Melihat kejadian tersebut Dovizioso langsung melaju dan mengambil posisi pertama.

Marquez merasa tidak percaya diri saat lintasan favoritnya ini dalam kondisi basah sehingga posisinya sedikit demi sedikit kian merosot hingga urutan kesembilan. Memasuki lap ke-14, Hector Barbera mulai menunjukkan tajinya dengan menyalip The Doctor -- sapaan akrab Rossi -- untuk meraih posisi terdepan.

Dovizioso kembali mengamankan baris depan sedangkan Marquez dan sang juara musim lalu Jorge Lorenzo mengalami kesulitan dan hanya berada di urutan belakang ke-14. 

Saat lintasan mulai mengering, setiap tim menginstruksikan setiap pembalap untuk masuk pit guna pergantian motor dan Marquez menuruti permintaan tim saat sirkuit mulai sedikit-demi-sedikit mengering.

Cukup disayangkan sampai lap ke-22, duo kompatriot Rossi dan Dovizioso yang bersaing di tempat terdepan tak masuk ke pit. Satu lap selanjutnya, Rossi dan Dovizioso baru masuk ke pit. Rossi mengindahkan instruksi tim untuk mengganti motor.

Melihat kesempatan tersebut, Marc Marquez langsung memacu motornya dengan kecepatan penuh dan perlahan menyalip beberapa rider di depannya termasuk menyalip Jack Miller serta berhasil mengamankan posisi pertama sampai garis finish. [Amo/Ikh]


Komentar