Marc Marquez Menang dengan Mudah di MotoGP Jerman 2016 Share this
MotoGP
Mode baca

Marc Marquez Menang dengan Mudah di MotoGP Jerman 2016

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 17 Juli 2016

Foto: Marc Marquez menang di MotoGP Jerman 2016

SACHSENRING -  Marc Marquez berhasil memenangkan MotoGP Jerman 2016 dengan sangat mudah. Pembalap Repsol Honda itu hampir tidak mendapat tekanan dari lawan-lawannya.

Marquez berhasil menyelesaikan 30 putaran dalam waktu 47 menit 3,239 detik. Finish di urutan kedua Cal Crutchlow dan diikuti oleh Andrea Dovizioso.

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi harus puas finish di urutan kedelapan dan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, di urutan ke-15.

Dewi Fortuna sepertinya tidak menghampiri Lorenzo. Ia terus tercecer dan tidak sanggup finish di urutan 10 besar. Padahal pembalap asal Spanyol yang akan hiijrah ke tim Ducati musim depan itu sempat menempati posisi kedelapan di lap ke-21.

Balapan di sirkuit Sachsenring awalnya membuat para pembalap mengalami kesulitan karena kondisi lintasan basah. Marquez yang start terdepan harus turun ke posisi ketiga di depan Andrea Dovizioso di lap pertama. Sementara itu, Valentino Rossi menyodok ke urutan pertama.

Di awal balapan, Rossi sempat kompetitif di urutan terdepan. Di lap 17 beberapa pembalap memilih untuk mengganti ban. Sementara itu, Dovizioso dan Rossi masih terus berada di lintasan. Mereka memaksa motornya untuk berada di urutan terdepan.

Saat balapan balapan tinggal menyisakan tujuh lap (di lap 23), Dovizioso, Rossi, Barbera mengganti motornya. Terjadi pengubahan posisi dan Jack Miller berada di posisi pertama di depan Marquez. Di lap 24, Marquez berhasil menyalip Miller dengan sangat mudah. Marquez memanfaatkan kondisi lintasan yang mulai mengering. Ia pun tidak terkejar sampai garis finish.

Dengan kemenangannya di MotoGP Jerman 2016, Marquez masih bertengger di posisi pertama (170 poin), atau selisih 49 poin dari Lorenzo. Sementara itu, Rossi ada di posisi ketiga (111 poin). [Ikh/Idr]


Komentar