Marazzo, Penantang Serius Xpander Share this
Mobil Baru
Mode baca

Marazzo, Penantang Serius Xpander

Indra Prabowo
pada 04 September 2018

NASHIK – Mitsubishi Xpander sepertinya kini mendapat lawan terberat. Datangnya dari Mahindra Marazzo.

Pengembangan Mahindra Marazzo melibatkan kolaborasi antara Mahindra Automotive North America (MANA) di Detroit dengan Mahindra Research Valley (MRV) di Chennai, India. Sementara desainnya melibatkan rumah desain terkenal Pininfarina, Italy dan tim internal Mahindra Design Studio di Mumbai.

Hasilnya, MPV 8-seater ini menawarkan pengendaraan halus, handling lincah, kabin tersenyap, paling cepat dingin kabinnya dan kabin mewah. Desain eksterior-nya terinspirasi dari ikan hiu. Bagian depan semakin modern dengan daytime running lights.

Konstruksi Marazzo menggunakan body-on-frame. Artinya mobil-mobil yang menganut chassis seperti ini akan lebih kuat dan tangguh dibandingkan mobil-mobil dengan chassis monocoque.

Mesin diesel 1.5-liter 4-silinder menghasilkan tenaga 121 BHP dan torsi 300 Nm yang dikirim semuanya ke dua roda depan. Konsumsi BBM Marazzo 17,3 km/liter.

Mahindra menancapkan suspensi belakang dengan jarak-main (travel) tertinggi di kelasnya, 245 mm dan electronic power steering (pertama di kelasnya). Radius putar tergolong pendek 5.25m sehingga memungkinkan pengemudi bermanuver di jalan sempit.

Mobil ini dibekali dengan 2 airbag, rem ABS, Rear Parking Camera and Sensors, Emergency Call (pertama di kelasnya) dan Cornering Lamps. Inilah mobil pertama di kelasnya yang menggunakan rem cakram di empat roda.

Kacanggihan yang bisa dijumpai di dalam kabin berupa touchscreen 7”, Voice Activated Controls untuk system musik & Voice Assist Features seperti pengenalan suara untuk infotainment dan pembacaan SMS. Kesejukan kabin lebih cepat tercapat berkat penempatan kisi-kisi AC atap hingga ke belakang dan menghadap ke samping kiri-kanan (pada umumnya kisi-kisi AC atap berada tepat di belakang pengemudi dan menghadap ke belakang).

Harga Mahindra Marazzo dari 999.000 rupee atau sekitar Rp 208,4 juta di India. [Itn]

Lebih lanjut di Otospirit
Marazzo, Penantang Serius Xpander


Komentar