Tujuan dan Fungsi Jadi Kunci Keberhasilan Modifikasi Mobil Share this
Modifikasi
Mode baca

Tujuan dan Fungsi Jadi Kunci Keberhasilan Modifikasi Mobil

Adi Hidayat
pada 14 September 2017

Foto: Kunci Keberhasilan Modifikasi Kendaraan

JAKARTA – Ternyata ada banyak tujuan dari memodifikasi kendaraan. Inilah yang nantinya akan memengaruhi ke arah mana modifikasi akan dilakukan.

Secara umum, Yudianto Mulyono, pemilik workshop Holiday Custom membaginya menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah kendaraan untuk kontes. Bila tujuan ini yang diharapkan oleh sang pemilik, maka Ia akan membuat kendaraan semenarik mungkin dan melupakan faktor fungsional.

“Lain lagi bila ingin membuat mobil yang fungsional. Membuat mobil offroad namun tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari misalnya. Kita tidak akan membuatnya terlalu ekstrim perubahan pada body. Ban juga tidak dibuat terlalu besar agar tetap memberi kenyamanan pada pengendara saat melalui jalan onroad,” kata Yudi.

Sementara untuk mereka yang ingin menjadikan mobil sebagai koleksi, maka perjuangannya mungkin sedikit lebih melelahkan. Hal ini pengembangan mobil harus dilakukan sedetail mungkin agar sama dengan asli. Part yang digunakan pun harus asli meski harus mendatangkannya dari luar negeri.

“Kalau untuk investasi juga bisa. Jadi kendaraan dibeli kemudian dimodifikasi sedemikian rupa kemudian dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Hal itu juga bisa dilakukan. Tapi yang penting harus konsultasi dulu sehingga tidak kecewa di akhir nanti,” tambahnya.

Menurutnya, konsultasi antara pemilik kendaraan dengan modifikator harus dilakukan dengan serius karena menentukan arah modifikasi kendaraan ke depannya. Dengan dilakukannya konsultasi tersebut diharapkan hasil dari modifikasi bisa sesuai dengan harapan sang pemilik kendaraan. [Adi/Ikh]


Komentar