Tips Merawat Mobil Klasik

Mobil Klasik Penuh Pesona

JAKARTA – Mobil klasik tidak hilang pesonanya meski banyak mobil baru yang hadir di Indonesia. Meski memiliki nilai tersendiri ternyata masih banyak pecinta mobil klasik yang belum maksimal dalam merawat “si tua”.

Mobil klasik memang mempunyai banyak kelebihan, baik itu dari segi penampilan dan sejarahnya. Terkadang harga dari sebuah mobil klasik bisa sangat tinggi atau bisa rendah tergantung kondisi mobil tersebut.

Nah kebanyakan orang hobi mengoleksi mobil klasik, namun juga banyak menjual mobil mereka karena tidak sanggup merawat mobilnya. Jika Anda hobi dan menyukai mobil klasik, Otospirit memberikan tips-tips jitu untuk merawat mobil klasik. Berikut cara merawat mobil klasik:

  1. Jangka waktu perawatan
    Mobil klasik pada umumnya memiliki jangka waktu servis yang lebih pendek jika dibandingkan dengan mobil baru. Mesin merupakan kunci utama kenikmatan mobil klasik. Jadi rajin-rajinlah merawat mesin dengan terus memperhatikan jangka waktu servis.
  2. Pastikan oli selalu dalam kondisi bagus
    Oli merupakan salah satu elemen penting di dalam mesin kendaraan apalagi mobil klasik. Jika kondisi oli sedikit saja kurang bagus maka jangan bingung apabila banyak terjadi masalah di mesin mobil.
  3. Cek air radiator secara berkala
    Meski air radiator merupakan hal yang mudah terkadang efek lupa sering terjadi karena sudah terbiasa dengan sistem air radiator pada mobil baru. Sistem radiator yang berbeda membuat mobil klasik ini lebih harus diperhatikan dan juga kualitas air radiator itu sendiri.
  4. Perhatikan kondisi rem
    Rem merupakan salah satu point penting di dalam keselamatan berkendara dan juga memiliki jangka waktu yang terbatas. Apalagi pada mobil klasik, rem menjadi sangat riskan apabila kurang diperhatikan sedikit saja.
  5. Pastikan sistim pengapian dalam kondisi baik
    Tanpa sistim pengapian yang bagus, mobil baru saja bisa menjadi sangat bermasalah apalagi dengan mobil klasik yang sistim pengapiannya sudah old fashion.
  6. Cek selalu kabel-kabel pengantar listrik
    Kabel-kabel pengantar listrik pada mobil klasik seiring berjalannya waktu akan menjadi kurang maksimal sehingga mengakibatkan kesulitan ketika menghidupkan mesin.
  7. Perhatikan kaki-kaki mobil
    Kaki-kaki mobil klasik sangat riskan apabila tidak dicek secara berkala akan mempengaruhi keselamatan berkendara. Teliti, akurat dan sabar adalah faktor penting di dalam merawat mobil klasik. Cintailah mobil klasik, sebelum mereka berhenti mencintai Anda. [Amo/Ikh]