Apple ‘Mendua’ dengan LG Demi Layar OLED Share this
Gadget
Mode baca

Apple ‘Mendua’ dengan LG Demi Layar OLED

Denny Basudewa
pada 17 September 2018

Foto: Apple iPhone XS dan XS Max

CUPERTINO – Apple dikabarkan telah memilih LG sebagai pemasok layar OLED kedua setelah Samsung.

Rumor Apple yang mulai mendua dengan LG menyeruak sejak Juni 2018. Jika selama ini (sejak 2017) produsen asal Amerika Serikat tersebut sangat tergantung pada Samsung, sehingga kerap dikabarkan melakukan monopoli harga.

Dengan masuknya LG, diyakini Apple tidak lagi tergantung pada Samsung. Layar OLED LG sendiri dikabarkan telah memenuhi syarat uji kualitas dari Apple baru-baru ini. Di masa depan iPhone XS dan XS Max bisa jadi menggunakan layar OLED dari LG.

Namun hal ini tidak berlaku pada iPhone terbaru mereka yang termurah yakni XR. Karena ponsel pintar tersebut masih menggunakan teknologi layar LCD.

LG hingga saat ini menggunakan layar OLED pada gawai mereka yaitu V30. Smartphone asal Korea ini dikatakan memiliki 16 juta warna pada layarnya. V30 pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2017 dengan resolusi layar 1440 x 2880 pixels. Adapun dimensi layarnya adalah 6 inci dengan rasio 81,2 persen (screen - to - body)

Kemampuan LG dalam merancang layar OLED baru sempat diragukan pihak Apple. Disebutkan pada April silam, layar OLED buatan LG ditolak oleh Apple. Namun kualitas layar OLED LG sudah teruji dan kerjasama kedua belah pihak akan segera terwujud.

Guna memenuhi kebutuhan layar OLED dari Apple, pabrikan smartphone dari Korea Selatan tersebut tengah membangun pabrik khusus. [Dew/Ari]


Komentar