Apple Luncurkan iPhone yang Bisa Dual-SIM Share this
Aksesoris
Mode baca

Apple Luncurkan iPhone yang Bisa Dual-SIM

Denny Basudewa
pada 14 September 2018

Foto: Iphone

JAKARTA – Apple menghadirkan produk terbarunya yakni iPhone XS, XS Max dan XR. Salah fitur terbarunya adalah penggunaan dua SIM card yang bisa aktif secara bersamaan.

Produk gawai terbaru dari Apple ini dikatakan sebagai generasi penerus iPhone X. Ketiganya hadir dengan mengusung teknologi terbaru dan perangkat lunak terbaik guna memudahkan para penggunanya.

Teknologi canggih yang diusung ketiga produk terbaru iPhone tersebut terdapat pada layarnya. iPhone XS Max menggunakan layar OLED 6.5 inci. Sementara XS mengandalkan layar OLED 5.8 inci dengan sebutan super retina. Keduanya memiliki resolusi 2436 x 1125 dan 458 ppi.

Dikatakan bahwa iPhone XS Max memiliki layar yang lebih lebar dari Samsung Galaxy Note 9. Mereka mengklaim iPhone XS Max merupakan produknya yang memiliki layar paling luas hingga saat ini.

iPhone XR ditahbiskan sebagai produk paling murah dari ketiga smartphone yang baru diluncurkan. Dengan layar LCD 6.1 inci, resolusi ponsel pintar tersebut 1792 x 828 dan 326 ppi.

Layaknya ponsel pintar kekinian, Apple menempatkan notch atau poni yang cukup besar. Adapun poni tersebut digunakan untuk menempatkan infrared camera, flood illuminator, ambient light sensor, proximity sensor, speaker, microphone, front camera, dan dot projector.

iPhone iPhone

XS dan XS Max memiliki sertifikasi IP 68 dan XR punya IP 67. Dengan demikian, XS dan XS Max diklaim aman ketika tenggelam di air dengan kedalaman hingga 2 meter selama 30 menit. Sementara XR bisa bertahan di air dengan kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

Apple membenamkan chipset terbarunya yakni A12 Bionic. Chipset tersebut dikatakan memiliki proses fabrikasi 7nm dan 6.9 miliar transistor. A12 memiliki fitur 6-core CPU dan 4 Core GPU serta neural engine yang diklaim bisa membabat beban kerja machine learning.

Meskipun ketiga gawai tersebut memiliki cipset yang sama, iPhone XR memiliki perbedaan jumlah penyimpanan internal dari XS dan XS plus. iPhone XR memiliki pilihan penyimpanan internal 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Sedangkan XS dan XS plus memiliki varian 64 GB, 256 GB, dan 512 GB.

iPhone XS dan XS Max memiliki kamera belakang ganda, sudutnya yang lebar beresolusi 12MP dan lensa tele 12 MP. Kedua smartphone ini meningkatkan flash bawaan yang disebut menggunakan true tone flash. Disertakan juga optical image stabilization. Kedua ponsel memiliki kamera selfie beresolusi 7 MP. Sementarai itu XR memiliki kamera belakang tunggal 12 MP dan kamera selfie beresolusi 7 MP

Untuk pertama kalinya, Apple mengeluarkan iPhone yang mendukung dual-SIM. Ketiga ponsel telah mendukung dual SIM. Untuk urusan kartu SIM, Apple kembali lakukan gebrakan dengan tidak lagi menggunakan SIM fisik. Tapi menggunakan electronic SIM (eSIM) dengan pengecualian di China. [Dew/Ari]


Komentar