Lexus Anggap Mobil Listrik Tidak Cocok untuk Masa Depan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Lexus Anggap Mobil Listrik Tidak Cocok untuk Masa Depan

Adi Hidayat
pada 15 Agustus 2018

Foto: Lexus LF-1 concept

NAGOYA - Lexus menilai bahwa mobil listrik belum tentu cocok dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di dunia.

Hal ini disampaikan oleh Yoshihiro Sawa, Lexus International President. Menurutnya selain belum tentu dapat memuaskan pelanggannya, mobil listrik juga belum terbukti dapat membuat lingkungan menjadi lebih baik.

“Kami paham bahwa mobil listrik sangat diperlukan, tapi kami juga melihat bahwa full EV tidak akan cocok untuk semua orang. Anda tidak bisa memaksakan teknologi mobil listrik untuk mobil seperti Land Cruiser yang digunakan oleh orang-orang di daerah terpencil,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia pun menyebut bahwa masalah baterai yang digunakan oleh mobil listrik sebagai sumber penyimpanan daya pun belum terselesaikan. Selama masalah tersebut belum selesai, maka akan menjadi masalah baru di masa depan.

“Mobil listrik saat ini membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya dan termakan usia. Baterai harus diganti dengan yang baru dan kita harus memikirkan daur ulang di masa depan. Ini adalah masalah yang jauh lebih rumit ketimbang kelihatannya. Saya lebih suka untuk melihat masa depan dengan cara yang lebih realistis,” ungkapnya.

Lexus sendiri saat ini tetap mengembangkan mobil listrik. Salah satunya adalah yang mereka miliki pada Lexus LF-1 concept. Kendaraan tersebut bisa menggunakan beberapa sumber tenaga mulai dari listrik, feul-cell, hybrid dan mesin konvensional.

Berbeda dengan Lexus, beberapa manufaktur lain seperti Tesla, Porsche, Mercedes-Benz dan Jaguar telah mengembangkan baterai mobil mereka sendiri. Baterai-baterai tersebut akan digunakan di model-model terbaru mereka yang akan diluncurkan sekitar dua hingga empat tahun lagi. [Adi/Ari]


Komentar