Kunci Digital akan Tak Butuh Pengemudi untuk Cari Parkir Sendiri Share this

Kunci Digital akan Tak Butuh Pengemudi untuk Cari Parkir Sendiri

Indra Prabowo
pada 06 Maret 2019

SEOUL – Hyundai Motor Group (Hyundai dan Kia) sedang mengembangkan Digital Key atau Kunci Digital yang memungkinkan para pelanggannya mengunci dan membuka pintu mobil mereka melalui smartphone.

Digital Key bisa diunduh oleh hingga 4 orang via sebuah aplikasi. Kunci Digital akan menggantikan kunci fisik konvensional yang selama ini dipakai.

Antena NFC untuk mengidentifikasi masuk kabin terletak di gagang pintu pengemudi dan penumpang depan, sementara sebuah antena untuk menghidupkan mesin terletak di dalam bantalan pengisian nirkabel (wireless charging pad).

Setelah Anda membuka kunci kendaraan dapat menyalakan mesin dengan menempatkan smartphone pada panel pengisian nirkabel di konsol tengah dan menekan tombol Start / Stop mesin di dashboard.

Menggunakan komunikasi Bluetooth Low Energy (BLE), pengguna dapat mengunci dan membuka kunci kendaraan, mengaktifkan alarm dan menyalakan mesin dari jarak jauh. Bahkan suatu hari kelak pengguna dapat memanfaatkan Digital Key untuk parker otonomi.

Preferensi pengguna tersimpan di dalam kendaraan. Begitu kendaraan mengenali smartphone Anda, maka posisi kaca spion, audio, jok dan lain-lain akan menyesuaikan secara otomatis sesuai preferensi Anda.

Sejumlah fitur custom (sesuai permintaan) dapat diwujudkan. Misalkan saja jika Anda merupakan pengusaha rental kendaraan maka dapat membatasi jam operasional mobil.

Untuk kasus-kasus tertentu seperti menggunakan layanan valet atau mengunjungi bengkel, di mana penyerahan kunci digital tidak memungkinkan, kunci pintar konvensional dan kunci jenis kartu akan disediakan oleh Hyundai Motor Group.

Digital Key akan menguntungkan banyak pelanggan Hyundai di masa depan, serta memungkinkan skema baru yang inovatif untuk berbagi kendaraan. Kami sedang mempelajari cara-cara lain untuk memanfaatkan jenis teknologi mobil terhubung ini untuk sangat meningkatkan pengalaman berkendara dan kepemilikan,” kata Ho Yoo, Group Leader of Hyundai Motor Group’s Electronics Development Group. [Idr]

    


Komentar