Ketahui Lokasi Parkir yang Tidak Aman Share this
Tips
Mode baca

Ketahui Lokasi Parkir yang Tidak Aman

Adi Hidayat
pada 20 April 2016

Foto: Waspada parkir mobil di tempat terlarang

JAKARTA – Anda harus memperhatikan lokasi parkir aman untuk mobil. Lokasi parkir merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga keutuhan mobil dari kondisi cuaca, apalagi saat musim hujan.

Resiko pohon tumbang atau rubuhnya papan reklame menjadi faktor yang harus waspadai. Berikut tempat parkir yang tidak dianjurkan:

  1. Di bawah pohon besar.

    Meski teduh saat cuaca terik, namun parkir di bawah pohon adalah keputusan yang cukup beresiko. Batang, ranting atau buah dari pohon bisa jatuh setiap saat dan menimpa mobil. Akibatnya, cat body bisa terkelupas atau bahkan body bisa penyok. Dalam kondsi ekstrim, pohon bisa roboh dan menimpa mobil.

  2. Dekat tembok tua

    Tembok tua biasanya sudah rapuh dan mudah roboh. Dengan parkir dekat dengan tembok tua maka resiko mobil tertimpa reruntuhan semakin besar. Kondisi tersebut bisa diperparah dengan cuaca yang buruk dan angin besar.

  3. Di bawah papan reklame

    Meski terlihat kokoh, tapi papan reklame tetap memiliki resiko roboh bila konstruksinya tidak cukup kuat. Tidak sedikit kasus papan reklame rubuh saat cuaca buruk dan menimpa mobil. Untuk itu hindari untuk memarkir kendaraan di bawah dan dekat papan reklame.

  4. Dekat menara BTS dan pemancar

    Sama seperti papan reklame, menara BTS dan pemancar biasanya memiliki kontruksi kuat dan dapat bertahan meski diterpa cuaca buruk sekalipun. Namun, menara pemancar sering kali kurang dirawat oleh pemiliknya. Akibatnya, resiko pemancar rubuh dan menimpa mobil semakin besar.

  5. Di bawah atap yang kurang kokoh

    Meski memarkirkan kendaraan di garasi merupakan tempat aman, namun bila atapnya rapuh tentu berubah menjadi bahaya. Untuk itu pastikan atap tempat Anda memarkirkan kendaraan sepenuhnya aman dan kokoh.

  6. Cekungan

    Meski area parkir terlihat luas, pastikan mobil tidak terparkir di daerah cekungan, sementara Anda pergi meninggalkan mobil dalam waktu lama. Daerah yang cekung memiliki potensi banjir lebih besar ketimbang daerah rata.

  7. Bahu jalan

    Bahu jalan sangat umum untuk dijadikan lokasi parkir. Praktis dan terbilang aman mengingat ada beberapa lokasi yang memang memperbolehkan bahu jalan dijadikan lokasi parkir. Namun, bahu jalan juga bisa merugikan mengingat lokasi ini tidak steril dari kendaraan lalu lalang. Resiko mobil terserempet atau bahkan ditabrak sangatlah tinggi.

  8. Tanjakan dan turunan

    Memarkirkan kendaraan di turunan atau tanjakan dapat merusak rem parkir lebih cepat rusak. Pasalnya, ketika parkir di lokasi ini maka rem akan menahan beban lebih berat agar mobil tidak mundur. Bila terpaksa, pastikan Anda menggunakan batu atau sejenisnya untuk mengganjal ban. Dengan demikian beban rem parkir akan berkurang.

  9. Tempat sepi

    Jangan parkirkan mobil di tempat sepi jika tidak pencuri akan 'merajai' mobil Anda, bahkan bisa terjadi kasus pencurian mobil. [Adi/Ikh]


Komentar