Kemenangan Hamilton Hanya Beruntung? Share this
F1
Mode baca

Kemenangan Hamilton Hanya Beruntung?

Denny Basudewa
pada 30 Mei 2016

Foto: Lewis Hamilton Merayakan Kemenangan

MONACO – Lewis Hamilton berhasil memenangkan balapan F1 GP Monaco. Kesalahan tim Red Bull Racing membantunya memenangkan balapan.

Memulai balapan dari tempat ketiga, pembalap asal Inggris ini cukup agresif menjalani lomba. Nico Rosberg merupakan korban pertama dari keganasannya. Turunnya hujan membuat suasana balapan semakin seru.

Strategi tim yang cukup berani dari tim Mercedes, membuat Hamilton mampu mengambil alih posisi Daniel Ricciardo sebagai pimpinan lomba. Bertahan dengan ban basah meskipun sebagian trek mulai mengering, Hamilton masih mampu mencetak waktu tercepat.

Berbeda dengan Ricciardo yang memilih ban Intermediate pada pit stop pertama, Hamilton memilih ban kering dengan kompon ultra soft. Hal ini ternyata efektif, karena kondisi trek mulai kering seluruhnya.

Ricciardo kembali masuk pit untuk mengganti ban kering. Di sinilah kesalahan tim Red Bull terjadi. Kru tim belum mempersiapkan ban ultra soft saat Ricciardo masuk pit kedua. Hal ini cukup untuk membuat dirinya tersalip oleh Hamilton.

Lewis Hamilton Lewis Hamilton menahan gempuran Daniel Ricciardo

“Ini adalah balapan paling gila dan lama. Saya harus bertahan cukup lama dengan ban ultra soft. Sasya harus mengendalikan ban agar tidak kehilangan grip. Lap terakhir ban mulai kehilangan grip, untungnya saya masih bisa bertahan,” ungkap Hamilton pasca lomba.

Hamilton melintasi garis finis sebagai pemenang lomba diikuti Ricciardo di tempat kedua. Pembalap Force India sukses naik podium setelah menahan gempuran dari Sebastian Vettel. Raihan poin Hamilton (82) semakin dekat dengan Rosberg (106). Selisih poin keduanya kini hanya 14 poin. [Dew/Ikh]


Komentar