Menang di Kanada, Hamilton Kian Dekati Puncak Klasemen Share this
F1
Mode baca

Menang di Kanada, Hamilton Kian Dekati Puncak Klasemen

Denny Basudewa
pada 13 Juni 2016

Foto: Lewis Hamilton Pimpin balapan sejak start

MONTREAL – Juara dunia F1 Lewis Hamilton berhasil memenangkan balapan F1 GP Kanada 2016. Kemenangan pembalap Inggris tersebut diwarnai beberapa insiden.

Memulai balapan, start yang dilakukan oleh Hamilton kurang sempurna. Hal ini dimanfaatkan oleh rekan satu timnya Nico Rosberg. Namun dengan sigap, pemilik nomor start 44 tersebut berusaha menutup celah.

Hasilnya ban depan kedua pembalap Mercedes tersebut bersenggolan. Hamilton tetap memimpin balapan, sementara Rosberg terpaksa melebar dan tercecer hingga posisi sembilan. Momen ini dimanfaatkan oleh Sebastian Vettel.

Vettel sebenarnya mampu merebut posisi terdepan dari Hamilton, namun strategi dua pitstop yang diterapkan Ferrari membuatnya gagal mewujudkannya.

Valtteri Bottas berhasil menyodok ke posisi ketiga. Pembalap Finlandia tersebut meraih podium ketiga setelah nyaris tanpa perlawanan jelang lomba berakhir.

Sementara itu, nasib sial masih melekat pada Rosberg. Pemuncak klasemen sementara tersebut kembali keluar lintasan setelah mencoba menyalip Max Verstappen. Alih-alih meraih posisi keempat, mobilnya justru melintir dan finis kelima.

Tempat keenam dihuni Kimi Raikkonen. Pembalap berjuluk The Ice Man ini juga mengalami salah strategi yang diterapkan timnya.

Daniel Ricciardo finis ke tujuh setelah gagal bersaing dengan pembalap lainnya. Tempat kedelapan dihuni oleh pembalap Force India Nico Hulkenberg.

Pembalap kebanggaan Indonesia Rio Haryanto melintasi garis finis pada posisi ke 19. Catatan waktu pembalap tim Manor Racing tersebut tertinggal dua putaran dari pemimpin lomba. Kemenangan Hamilton kali ini membuat selisih poin dengan Rosberg kian dekat. Selisih poin keduanya hanya terpaut sembilan angka. [Dew/Ikh]


Komentar