Rosberg Raih Kemenangan Sempurna di Azerbaijan Share this
F1
Mode baca

Rosberg Raih Kemenangan Sempurna di Azerbaijan

Denny Basudewa
pada 19 Juni 2016

Foto: Nico Rosberg Meraih kemenangan sempurna di Azerbaijan

BAKU – Pembalap Mercedes Nico Rosberg meraih kemenangan sempurna di sirkuit Baku, Ajerbaijan. Hasil ini membuat raihan poin Rosberg kembali menjauh dari kejaran Lewis Hamilton.

Mengawali balapan dari posisi terdepan, Rosberg langsung tancap gas mengambil alih pimpinan lomba. Daniel Ricciardo berusaha menempel ketat Rosberg diikuti Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, felipe Massa, dan Max Verstappen.

Hamilton yang memulai balapan dari posisi kesepuluh naik satu tempat ke urutan sembilan. Sirkuit Baku yang disebut-sebut sangat cocok bagi Mercedes terbukti. Rosberg mulai menjauh dari kejaran Ricciardo setiap lapnya.

Tercatat pada lap keempat, jarak kedua pembalap terpaut 4 detik lebih. Beberapa pembalap memutuskan untuk masuk pit lebih cepat, termasuk Rio Haryanto. Vettel mulai menyerang Ricciardo pada putaran kelima.

Mobil tim Red Bull Racing yang dikendarai Ricciardo tampak bermasalah. Hal ini membuat Vettel dengan mudah menyalipnya. Sementara Raikkonen terdengar mengeluhkan kondisi sirkuit yang banyak sampah plastik.

Keluhan pembalap berjuluk The Iceman tersebut membuatnya tidak bisa mengembangkan performanya. Dua pembalap Force India tampil cukup impresif sejak babak kualifikasi. Mereka mampu mengimbangi kecepatan tim-tim besar F1 2016.

Rekan Rio Haryanto secara mengejutkan masuk barisan sepuluh besar pembalap. Ketika balapan sudah berjalan dua belas putaran, selisih waktu Rosberg dengan Vettel sudah terpaut 14,9 detik.

Akibat melanggar aturan dalam pit, Raikkonen terpaksa mendapat hukuman penalti 5 detik. Sementara itu, Hamilton mengaku jika terdapat masalah pada sistem rem terutama getaran.

Strategi yang diterapkan Force India terbilang ampuh. Targetnya untuk menahan gempuran Hamilton berhasil. Perez keluar dari pit-stop didepan Hamilton untuk menempati posisi ketiga.

Hamilton yang memulai balapan dari posisi 10 terus membukukan catatan waktu tercepat. Pada sirkuit Baku ini, Rosberg seakan tidak mempunyai lawan sepadan. Jarak antara pemimpin lomba dengan posisi kedua selisih 17,5 detik.

Ferrari kembali melakukan praktek team order. Raikkonen menyerahkan posisi kedua kepada rekan satu timnya Vettel. Sementara Rosberg nyaman didepan, Hamilton terus melakukan protes pada kru timnya.

Dominasi Mercedes di sirkuit Baku ini kian terlihat. Raikkonen yang seharusnya mampu merebut podium, terpaksa mengalah kepada Sergio Perez. Mesin Mercedes benar-benar kuat di sirkuit ini. Namun hal tersebut tidak berpengaruh pada tim Manor Racing. Pascal gagal melanjutkan balapan sementara Rio menempati urutan paling buncit.

Rosberg melintasi garis finish pada posisi terdepan diikuti Vettel dan Perez. Dengan kemenangan ini, pembalap berambut pirang tersebut telah mengumpulkan 141 poin. Sementara Hamilton baru mengoleksi 117 poin. [Dew/Ikh]


Komentar