Rosberg Menang Sempurna di F1 GP Singapura 2016 Share this
F1
Mode baca

Rosberg Menang Sempurna di F1 GP Singapura 2016

Denny Basudewa
pada 18 September 2016

Foto: Rosberg mendominasi lomba F1 GP Singapura 2016

MARINA BAY – Nico Rosberg menang di balapan F1 GP Singapura 2016 sekaligus mengambil alih posisi pimpinan klasemen.

Memulai balapan dari posisi terdepan, Rosberg tampil sangat sempurna sejak awal. Pembalap Jerman tersebut terus membuka jarak dengan pembalap dibelakangnya. Strategi yang tepat juga turut membuat Rosberg menang pada balapan kali ini.

Jalannya lomba sempat terganggu oleh insiden yang dialami Nico Hulkenberg. Ia mengalami kecelakaan sesaat setelah balapan dimulai. Ban belakang mobilnya tersenggol oleh Daniil Kvyat sehingga menabrak tembok pembatas.

Rosberg Menang Nico Hulkenberg alami insiden di F1 GP singapura 2016

Pasca safety car selesai memandu para pembalap, Rosberg kembali mendominasi jalannya lomba. Daniel Ricciardo yang berada dibelakangnya, seakan kehilangan percaya dirinya untuk mengejar kompetitornya tersebut. Mobil Red Bull Racing sesungguhnya diunggulkan untuk menguasai balapan di sirkuit Marina Bay tersebut.

Lebih lanjut, saingan terbesar Rosberg yang tidak lain adalah rekan satu timnya sendiri tidak bisa mengembangkan performa tunggangannya. Lewis Hamilton justru terus-menerus dicecar oleh pembalap Ferrari Kimi Raikkonen.

Penampilan brilian kali ini ditunjukkan oleh Sebastian Vettel. Rekan setim Raikkonen tersebut memulai balapan dari urutan paling belakang. Meskipun tertinggal jauh, strategi tim dan kegigihannya berhasil membuatnya bersaing di posisi lima besar.

Jalannya lomba tidak terlalu menarik pada dua posisi terdepan. Rosberg terus membuka jarak dari Ricciardo sehingga terlihat membosankan. Kameramen sendiri memilih untuk melihat persaingan antara Hamilton dengan Raikkonen.

Bahkan perebutan tempat keenam menyuguhkan tontonan sangat seru. Max Verstappen berulang kali menunjukkan aksi agresif dalam melawan Daniil Kvyat dan Carlos Sainz Jr. Ketiga pembalap tersebut saling berebut tempat untuk posisi tersebut.

Aksi heroik ditunjukkan oleh Vettel kali ini sehingga dinobatkan man of the match. Pembalap Ferrari tersebut memilih ban soft untuk memulai lomba dan menempuh jarak lebih jauh dari kompetitornya. Sementara pembalap lain menggunakan ban ultra soft, juara dunia F1 empat kali tersebut cukup tenang dalam mengeksekusi dua pembalap tim Manor.

Selepas pit stop pertama, Vettel sudah bisa masuk ke jajaran sepuluh besar pembalap. Hebatnya, ban kedua yang dipilihnya adalah ultra soft. Strategi ini berhasil membuatnya mengejar hingga posisi kelima.

Daniel Ricciardo tiba-tiba mendapat angin segar. Selepas pit stop kedua, mobilnya tampil bak kesetanan. Dengan sisa 20 putaran lagi, catatan waktu pembalap asal Australia tersebut jauh lebih cepat dari Rosberg. Setiap lap, Ricciardo berhasil memangkas 2 hingga 3 detik selisih waktu dengan Rosberg.

Rosberg Menang Duo Mercedes naik podium ditemani Red Bull

Namun sayang hal tersebut belum bisa membuatnya menduduki posisi pertama pada balapan kali ini. Rosberg menang pada balapan pertamanya di sirkuit Marina Bay, Singapura, selama berkarir di F1. Kemenangan kali ini juga dirasa terlalu spesial karena merupakan balapannya yang ke 200.

Posisi ketiga berhasil dipertahankan oleh Hamilton diikuti Raikkonen. Vettel finish di tempat kelima diikuti Verstappen yang dipenghujung balapan menyalip Fernando Alonso. Hasil Rosberg kali ini juga membuatnya mengambil alih posisi pemimpin klasemen sementara dari Hamilton. Selisih kedua pembalap hanya terpaut empat poin saja. [Dew/Ikh]

1Nico RosbergMercedes1:55:48.950
2Daniel RicciardoRed Bull Racing TAG Heuer+0.488s
3Lewis HamiltonMercedes+8.038s
4Kimi RäikkönenFerrari+10.219s
5Sebastian VettelFerrari+27.694s
6Max VerstappenRed Bull Racing TAG Heuer+71.197s
7Fernando AlonsoMcLaren Honda+89.198s
8Sergio PerezForce India Mercedes+111.062s
9Daniil KvyatToro Rosso Ferrari+111.557s
10Kevin MagnussenRenault+119.952s
11Esteban GutierrezHaas Ferrari+1 lap
12Felipe MassaWilliams Mercedes+1 lap
13Felipe NasrSauber Ferrari+1 lap
14Carlos SainzToro Rosso Ferrari+1 lap
15Jolyon PalmerRenault+1 lap
16Pascal WehrleinMRT Mercedes+1 lap
17Marcus EricssonSauber Ferrari+1 lap
18Esteban OconMRT Mercedes+2 laps

Komentar