Kawasaki Benamkan Turbo Pada Vulcan Share this
Berita Motor
Mode baca

Kawasaki Benamkan Turbo Pada Vulcan

Denny Basudewa
pada 29 Mei 2020

Foto: Kawasaki Vulcan

TOKYO – Kawasaki dikabarkan tengah mengembangkan Vulcan yang menggendong mesin turbo. 

Supercharger pada mesin Kawasaki pertama kalinya hadir pada model H2. Motor yang pertama kali hadir pada 2015 tersebut menjadi populer karena kemampuan mesinnya luar biasa. Lalu mesin H2 tersebut diterapkan pada model telanjang mereka yakni Z dan menjadi Z H2.

Sukses dengan mesin berturbo, tidak membuat brand asal Jepang ini puas. Pabrikan motor yang identik dengan warna hijau ini digosipkan sedang merancang mesin baru unntuk model Vulcan. Motor bergenre cruiser ini menjadi spesial karena dijejalkan perangkat supercharger.

Menurut media lokal negeri Sakura, Kawasaki akan menempatkan mesin 998 cc pada Vulcan Turbo. Artinya kuda besi ini akan menggendong mesin yang sama dengan sebelumnya. Namun ini masih kabar burung alias spekulasi saja.

Kawasaki Vulcan yang saat ini beredar di Tanah Air menggunakan mesin yang sama dengan Ninja 650 dan Z650. Dengan meningkatnya kapasitas mesin menjadi 998 cc dan disematkannya supercharger, maka Kawasaki akan merancang bentuk rangka baru.

Sebuah media asal Thailand menyebar gambar rekaan dari Vulcan H2. Desainnya memadukan lampu depan Z H2 nan tajam dengan posisi berkendara nan melandai khas sebuah cruiser. Hasilnya sebuah perpaduan ciamik antara klasik dan modern.

Jika Kawasaki Vulcan H2 benar-benar terwujud, maka akan menjadi cruiser tercepat yang pernah ada. Sayangnya pihak Kawasaki belum mengkonfirmasi kehadiran Vulcan H2. Bahkan beberapa sumber menyatakan motor ini tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat. [Dew/Idr]


Komentar