Jokowi Pakai Kawasaki KLX Tinjau Jalan Trans Papua Share this
Berita Motor
Mode baca

Jokowi Pakai Kawasaki KLX Tinjau Jalan Trans Papua

Adi Hidayat
pada 11 Mei 2017

WAMENA - Sulitnya menempuh medan di jalan Trans Papua membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menggunakan sepedamotor Kawasaki KLX150BF SE saat melakukan tinjauan langsung.

Tak hanya Presiden Jokowi, seluruh rombongan kepresidenan, pejabat daerah dan petinggi TNI juga mengendari motor yang sama. Hal ini terpaksa dilakukan karena medan yang terbilang masih sulit untuk dilalui.

Mengenai alasannya mengendarai trail meninjau jalan Trans Papua, Presiden Jokowi mengatakan, agar kelihatan betapa sulitnya membangun jalan tersebut.

“Kita mencoba melihat di lapangan dan harus dirasakan betul,” ujar Jokowi.

Menariknya, meski harus melalui medan terjal dan nyaris tanpa aspal, namun motor tersebut masih menggunakan spesifikasi standard. Meski standard, namun perfoma motor ini memang tidak bisa dipandang remeh. Kawasaki KLX telah dilengkapi dengan shock depan up side down dan mesinnya mampu melepas tenaga sebesar 12 ps dan torsi 11,3 Nm.

Mengutip dari Setgab.go,id, dalam tinjauan ini Presiden Jokowi memberikan pujian kepada duet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah membangun jalan Trans Papua sepanjang 3.800 kilometer (km) dari rencana 4.300 km, di mana 38 km di antaranya sudah teraspal  dan bisa dilewati kendaraan roda 4 (empat) dengan lancar.

“Ini adalah adalah satu ruas dari 4.300 km Trans Papua yang dalam proses dibangun sudah selesai 3.800 dan telah dibuka. Kita harapkan total nantinya tahun 2019 sudah terbuka semuanya. Artinya sudah bisa dilewati tapi mungkin belum aspal,” kata Presiden saat meninjau jalan Trans Papua, di Distrik Habema, Kabupaten Jayawijaya.

Jalan tersebut menghubungkan Kabupaten Jayawijaya dengan Kabupaten Nduga dan Kabupaten Asmat sejauh 284 km, dan yang sudah diaspal 38 km. Perjalanan dari Wamena menuju tempat acara yang berjarak 42 km, dilalui Presiden dengan menggunakan kendaraan roda 4 sepanjang 36 km. Sisanya Presiden Jokowi mengendarai sendiri motor trail menyusuri jalan Trans Papua sepanjang kurang lebih 6 km yang belum diaspal.

Presiden menjelaskan, dirinya berjalan di ruas Wamena menuju Agas sepanjang 287 km. Diakuinya memang yang teraspal baru 38 km, tapi ini akan terus dikerjakan. Karena itu, bersama Panglima TNI, Presiden mengaku melihat kesulitannya seperti apa, kemudian setelah terbuka baru masuk untuk aspal, mengikuti apa yang telah dikerjakan oleh TNI. [Adi/Ikh]


Komentar