Hyundai Kona, Compact SUV dengan Sederet Prestasi Share this
Berita Mobil
Mode baca

Hyundai Kona, Compact SUV dengan Sederet Prestasi

Ary Dwinoviansyah
pada 01 April 2019

JAKARTA — Hadirnya Hyundai Kona akan meramaikan pasar di segmen compact SUV (sport utility vehicle) Tanah Air.

Di pasar Indonesia, mobil MPV (multi purpose vehicle) masih jadi idola. Tapi, bukan berarti kategori lainnya tidak berkembang. SUV menjadi salah satu model yang kian diminati masyarakat. 

Namun, dari sekian banyak brand hanya Hyundai saja yang belum bermain di kelas compact SUV atau Low SUV. Padahal, pabrikan asal Korea itu sudah punya produk bernama Hyundai Kona. 

Mobil peruntukkan pasar global ini sejatinya meluncur pada akhir 2017. Namun, para konsumen baru bisa menikmatinya pada 2018. Meski begitu, Hyundai Kona mampu membius dengan menyabet beberapa penghargaan di berbagai ajang bergengsi. 

Desain SUV negeri Ginseng ini pun diapresiasi oleh iF Design Award 2018, Red Dot Design 2018, IDEA Design Award 2018 dan Good Design Award 2018. Tak hanya itu, Hyundai Kona juga dipilih sebagai SUV terbaik oleh beberapa media kenamaan di Eropa.

Penghargaan ini tentu wajar diberikan kepada Hyundai Kona, mengingat mobil tersebut hadir dengan desain atraktif. Kona juga menjadi varian pertama Hyundai yang menerapkan lampu utama di bumper bawah. Disusul kemudian oleh penempatan DRL (daytime running light) dan lampu sein pada bagian atasnya. 

Seperti laman situs resminya, Hyundai Kona juga punya beberapa opsi mesin. Tapi, pilihan menariknya adalah mesin 1.600 cc yang tersedia untuk mesin bensin dan diesel. Jika saja masuk ke Indonesia, Hyundai Kona mungkin bisa mengambil porsi kue SUV yang terus berkembang.

Meski begitu, pihak PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) belum mau terbuka mengenai peluang Kona bermain di SUV Compact Tanah Air. Jika pun hadir, Kona siap disambut oleh Honda HR-V, Mazda CX-3 hingga Chevrolet Trax.  

"Kami di Indonesia selalu inline dengan global di mana kami punya beragam model. Jadi, apapun yang diluncurkan di global dan cocok untuk pasar Indonesia pasti akan kami datangkan," ucap Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT HMI. [Ary/Idr]


Komentar