Honda Tinggalkan Asimo Demi Kembangkan Mobil Otonom Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Tinggalkan Asimo Demi Kembangkan Mobil Otonom

Denny Basudewa
pada 03 Juli 2018

Foto: Robot Asimo Honda

TOKYO – Honda dilaporkan telah menghentikan proses pengembangan robot Asimo.

Sebagai robot yang paling canggih, Asimo pertama kali diciptakan pada 1986. Kala itu Honda membuka fasilitas penelitian khusus di Saitama, Jepang. Di sana mereka juga melakukan pengembangan bahan bakar hidrogen dan pesawat HondaJet.

Robot Asimo terus berkembang menjadi yang paling canggih di muka bumi. Dengan penambahan di berbagai sektor, Asimo muncul di depan publik untuk pertama kalinya pada tahun 2000. Kemudian teknologi semakin maju dan sampailah Asimo hingga generasi ketujuh pada 2011.

Asimo memiliki tinggi 1,3 meter dengan bobot mencapai 48 kilogram. Semakin canggihnya sensor yang disematkan, membuatnya memiliki kemampuan layaknya manusia. Asimo dapat menyeimbangkan diri, berjalan hingga berlari walaupun hanya 9 kpj. Asimo juga mampu melakukan aktivitas seperti manusia yaitu membuka botol, menuangkan minuman dan melompat.

Menurut Nikkei Asian Review, Honda telah menghentikan segala pengembangan terhadap Asimo. Teknologi canggih yang telah diterapkan pada Asimo, digunakan untuk mengembangkan aplikasi lainnya dari Honda.

Sensor dari Asimo misalnya, kini digunakan untuk mengembangkan mobil otonom. Kemampuan berjalan Asimo sendiri diadaptasi untuk perangkat bantuan mobilitas orang disabilitas dan kaum manula.

Teknologi Asimo juga berperan penting dalam pengembangan mesin pemotong rumput yang dapat berjalan sendiri. Pemotong rumput ersebut juga mampu berjalan di permukaan jalan yang tidak rata. Sementara kemampuan Asimo untuk menyeimbangkan diri sendiri digunakan pada sepedamotor.

Asimo memang suatu terobosan Honda akan teknologi masa depan. Namun perkembangan robot unik tersebut tidak akan dijumpai lagi ke depannya. [Dew/Ari]


Komentar