Pesawat HondaJet Sajikan Paket Modifikasi Share this

Pesawat HondaJet Sajikan Paket Modifikasi

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 17 Oktober 2018

ORLANDO - Pesawat jet HondaJet kini juga ditawarkan dengan paket modifikasi guna mendukung performanya di langit.

Honda Aircraft Company (HACI) selaku produsen HondaJet menampilkan suguhan terbaru di pameran National Business Aviation Association (NBAA) 2018 yang berlangsung di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

HACI tak sekedar ingin memproduksi pesawat, mereka juga menghadirkan paket performa peruntukkan HondaJet. Bahkan, itemnya sudah lebih dulu hadir untuk pasar Amerika Serikat, Eropa, Meksiko, Kanada, Brasil, Argentina dan Panama. Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Honda juga mengumumkan bahwa paketan ini bisa dinikmati pembelinya dari kawasan Asia.

Negara pertama yang beruntung mendapatkannya adalah India. HACI mengatakan sertifikasi paketan ini juga tengah diajukan ke China dan Jepang. HACI mengklaim paket spesial garapan Honda Jet APMG tersebut bakal meningkatkan kemampuan sang pesawat jet.

Dengan paket ini, aerodinamika HondaJet bakal meningkat lantaran bobot ketika tinggal landas ditingkatkan dari 4.808 kg menjadi 4.854 kg. Daya jelajahnya pun kian panjang dari sebelumnya (185-222 km). Begitu pula dengan daya tampung muatannya yang kini menjadi 45 kg.

Aerodinamika HondaJet juga tampak pada sayap utama dipadu stabilizer horizontal. Hal tersebut membuat HondaJet mampu tinggal landas lebih cepat dari sebelumnya 1.199 m menjadi 1.064 m. Ini jelas akan memudahkannya digunakan pada bandara-bandara kecil dengan landasan terbatas.

Selain itu, sistem keselamatan pada HondaJet juga lebih baik berkat pembaruan pada perangkat lunak avionik Garmin G3000. [Ary/Ari]


Komentar