Honda Monkey 2018 Kian Kekinian Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda Monkey 2018 Kian Kekinian

Ary Dwinoviansyah
pada 26 April 2018

BRACKNELL - Honda Monkey 2018 tampil lebih modern. Inilah sebuah ikon mini bike Honda sejak lebih dari 55 tahun silam.

Para pecinta Honda Monkey pasti sudah tidak sabar menantikan generasi terbaru ini datang. Maklum, di beberapa negara, Honda Monkey tak sekedar difungsikan sebagai kendaraan harian, melainkan menjadi sebuah koleksi nan berharga.

Secara desain, Honda Monkey 2018 tetap mengikuti gaya khas para pendahulunya. Namun, jika ditilik cukup banyak yang diubah oleh pihak pabrikan. Sepedamotor mungil ini sekarang sudah menggunakan sistem penerangan LED.

Aura modern dilanjutkan dengan panel instrument LCD digital penuh. Di sini pengendara Honda Monkey bisa melihat beberapa informasi, mulai dari speedometer, odometer dengan dua trip dan kondisi ketersediaan BBM (bahan bakar minyak).

Sektor tampilannya juga mendapatkan sentuhan baru di mana Honda melabur 'si monyet' dengan kelir glossy. Pewarnaan senada juga dilakukan pada area frame serta suspensi ganda di bagian belakang.

Tetapi, ada hal menarik yang kini dimiliki Honda Monkey 2018. Sepedamotor ini sekarang sudah mengaplikasi perangkat rem ABS berbasis IMU (Inertial Measurement Unit). Sementara kenyamanan pengendara juga ditopang oleh penggunaan fork up-side down.

Mesin yang diandalkan Honda Monkey 2018 berjenis SOHC satu-silinder 125 cc dengan transmisi 4-percepatan. Honda Monkey juga diklaim mampu menghasilkan tenaga 9,2 hp di 7.000 rpm dan torsi 11 Nm pada 5250 rpm dan konsumsi BBM nya adalah 67 km/l.

Untuk membawanya riding, Honda Monkey 2018 menjanjikan pengendalian yang lebih baik. Dengan ketinggian jok hanya 775 mm, radius putar sebesar 1,9 mm dan bobot cukup ringan (107 kg).

Untuk pilihan warna Honda Monkey 2018 menyediakan tiga pilihan warna yaitu Banana Yellow/Ross White, Pearl Nebula Red/Ross White dan Pearl Shining Black/Ross White. Sayangnya, Pihak Honda Motor Europe belum mengumumkan harga jualnya karena belum dijual.

Honda Monkey dikenalkan pertama kali pada 1961. Awalnya motor ini dikembangkan sebagai mainan anak-anak 49cc untuk Tama Tech, sebuah taman hiburan di Tokyo.

Karena terbukti sangat populer sehingga Honda mengembangkan versi jalan raya. Pada 1963 Honda mengekspor Monkey dengan tangki krom khas, setang lipat dan roda berdiameter 5" ke Amerika dan Eropa merupakan pada tahun 1963. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Honda Monkey 2018 Kian Kekinian


Komentar