Ferrari Luncurkan 488 Challenge di Daytona Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ferrari Luncurkan 488 Challenge di Daytona

Denny Basudewa
pada 06 Desember 2016

Foto: Ferrari 488 Challenge

DAYTONA – Ferrari meluncurkan 488 Challenge pada Ferrari World Final di Daytona akhir pekan ini.

Model terbaru dari produsen mobil Italia tersebut akan bergabung dengan kejuaraan balap internasional paling berharga bagi pemilik Ferrari. 488 Challenge sendiri merupakan model keenam yang ikut berpartisipasi dari Ferrari one make race.

Sejak 1992, balapan homogen ini telah digelar lebih dari 1.000 balapan. Selama bertahun-tahun, Ferrari Challenge telah terbukti menjadi platform yang ideal bagi pembalap pemula. Banyak pembalap lulusan one make race Ferrari, sukses bersaing di kejuaraan sekelas Gran-Am, IMSA, Endurance Championship dan 24 Hours of Le Mans.

488 Challenge sendiri merupakan model pertama Ferrari yang menggunakan turbo. Mesin V8 3.9-liter milik Ferrari ini meraih penghargaan di ajang International Engine of the Year Award 2016.

Ferrari 488 Challenge merupakan pengembangan dari model sebelumnya. Penyesuaian dari segi mesin, aerodiinamis dan chassis, mobil eksotis ini mampu mencetak rekor baru di sirkuit Fiorano dengan catatan waktu 1 menit 15 detik.

Pada sisi aerodinamika sports car ini, Ferrari mematenkan Slip Slip Control (SSC) software untuk pertama kalinya pada 488 Challenge. Program ini terintegrasi dengan kontrol dinamis kendaraan dan dikalibrasi dengan traksi kontrol. Hal ini guna meningkatkan kemampuan menikung kendaraan.

Ubahan paling terlihat pada Ferrari 488 Challenge memang pada bagian aerodinamika kendaraan. Mereka mengembangkan bagian ini untuk meningkatkan efisiensi, sementara tidak mengorbankan desain khas Ferrari sendiri. [Dew/Ikh]


Komentar