Feher ACH-1, Helm Ber-AC Pertama Dunia Share this
Aksesoris
Mode baca

Feher ACH-1, Helm Ber-AC Pertama Dunia

Denny Basudewa
pada 24 Agustus 2018

Foto: Feher ACH-1

HONOLULU – Steve Feher menciptakan helm dengan fitur AC pertama di dunia yang menjanjikan kenyamanan bagi pengendaranya.

Berkendara dengan menggunakan motor, tentunya identik dengan helm. Peranti keselamatan satu ini wajib digunakan untuk melindungi kepala dari benturan maupun benda asing yang berbahaya. Helm yang baik harus mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara kendaraan roda dua.

Namun apa yang dilakukan Pria asal Hawaii ini sangat tidak lazim bagi produsen helm pada umumnya. Insinyur ini menawarkan helm yang dilengkapi dengan AC sebagai fitur unggulannya. Selain itu, bahan dalam helm buatan Feher dikatakan menggunakan katun berkualitas yang biasa disematkan pada mobil-mobil mewah seperti Rolls-Royce, Bentley, Ferrari dan Lexus.

Ide awalnya berasal dari kesehariannya di Hawaii yang cuacanya terbilang panas. Pada 1986, Ia menciptakan jaket yang memiliki AC pertama di dunia. Kini teknologi tersebut banyak digunakan beberapa rumah sakit di dunia.

Dari sana, Ia menciptakan jok mobil mewah yang dilengkapi dengan pendingin. Feher menyematkan thermoelectric nan efisien pada kendaraan-kendaraan mewah seperti disebutkan di atas. Tangan kreatif Feher kemudian berlanjut dan karya terbarunya kali ini adalah helm untuk bermotor.

Lagi-lagi Feher terinspirasi dari kondisi cuaca Hawaii yang cukup panas. Ia kemudian menciptakan helm berpendingin AC yang dinamakan ACH-1. Dengan menggunakan teknologi yang sama dengan sebelumnya, Ia menghadirkan AC dalam helm canggih tersebut.

Dikatakan bahwa pelindung kepala tersebut mampu mendinginkan suhu dalam helm 10 hingga 15 derajat lebih rendah dari cuaca di sekitarnya. Sehingga konsumen tidak perlu takut kepalanya menjadi beku karena helm ini.

Feher ACH-1 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Hitam, Silver dan Putih. Sementara pelindung kepala tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp 8 juta dan hanya dipasarkan di Amerika Serikat saja. Bobot keseluruhan helm ini mencapai 1.450 kilogram atau sekira KYT R10 di Tanah Air. [Dew/Ari]


Komentar