Dorna Sports, Penyelenggara MotoGP Bakal Dijual Share this
MotoGP
Mode baca

Dorna Sports, Penyelenggara MotoGP Bakal Dijual

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 27 November 2018

ROMA - Aset Dorna Sports selaku penyelenggara balap Grand Prix (GP) diketahui tengah dihitung karena akan dijual pada 2019 mendatang.

Musim depan tak hanya menjadi tantangan baru bagi tim maupun pembalap yang berkompetisi di arena GP (Moto3, Moto2 dan MotoGP). Hal tersebut juga sepertinya bakal dialami Dorna, lantaran tersiar kabar bahwa sang penggarap event bakal berpindah tangan.

Financial Times menyebut Dorna akan dipinang kembali oleh CVC. Berita tersebut kemudian diperkuat di mana perusahaan investasi Bridgepoint sebagai pemilik Dorna menginstruksikan sebuah lembaga keuangan, Lazard untuk menghitung nilai perusahaan (Dorna) itu.

CVC merupakan pemilik lama Dorna hingga 2006 dan melegonya ke Bridgepoint dengan nilai 500 juta Euro. Tentu saja, nantinya nominal yang dikeluarkan CVC akan lebih besar. Apalagi, beberapa tahun terakhir Dorna selalu meningkatkan kualitas balapan GP untuk mendulang lebih banyak lagi pundi uang.

Terlihat di mana mereka menambah investasi melalui penyelenggaraan kategori baru yakni balapan motor listrik, MotoE World Cup. Belum lagi membuka ajang balapan virtual bersama eSport. Dan, Dorna yang juga memegang lisensi balap WSBK diyakini menyedot lebih banyak lagi perhatian khalayak melalui kelas baru WSSP300.

Namun, Dorna juga harus siap dengan perubahan yang terjadi jikalau CVC berhasil membelinya lagi. Tak menutup kemungkinan pula bakal adanya perombakan dalam format balap. Bisa dilihat dari balapan Formula One pegangan Liberty Media yang notabene di bawah naungan CVC Capital Partners. [Ary/Ari]


Komentar