Dainese Rilis Rompi Airbag Pertama di Dunia Share this
Aksesoris
Mode baca

Dainese Rilis Rompi Airbag Pertama di Dunia

Ary Dwinoviansyah
pada 19 Juni 2019

VICENZA — Smart Jacket dari Dainese ini menjadi rompi pertama di dunia yang mengaplikasi airbag (D-air). 

Rompi banyak menjadi pilihan bikers yang kurang suka menggunakan jaket. Selain mengurangi kegerahan, bentuknya juga compact dan mudah dilipat. Hal tersebut pun tetap dipertahankan oleh Dainese terhadap produk barunya ini. 

Tak hanya itu, brand apparel kenamaan asal Italia bahkan melengkapinya dengan sistem keamanan penuh. Seperti diketahui, Dainese merupakan pemilik teknologi D-air yang sudah wajib diterapkan pada racing suit pembalap MotoGP.

Atas dasar keselamatan, teknologi ini pun turut diaplikasikan untuk kepentingan umum (pengguna sepedamotor). Vest berteknologi D-air secara fungsi memiliki kesamaan dengan baju balap MotoGP.  Produk ini juga sempat diperkenalkan oleh salah satu pembalap Dainese yaitu Valentino Rossi. 

Otak dari rompi airbag ini terletak pada algoritma pemicu di mana Dainese memasang tujuh titik sensor. Kecanggihan pengembangan teknologi selama 25 tahun itu juga bisa dilihat di mana Dainese mampu menerapkan algoritma canggih yang berisikan jutaan item data meliputi prediksi kecelakaan hingga tabrakan dengan benda tidak bergerak. Makanya, balon udara hanya akan mengembang pada situasi yang benar-benar dibutuhkan atau berpotensi membahayakan pengguna rompi.  

Sementara itu, baterai sistem D-air ini bisa bertahan selama 26 jam. Untuk mengisinya secara penuh pun tidak membutuhkan waktu lama karena Dainese sudah menerapkan sistem fast charging.  Namun, area perlindungan dari balon udara ketika mengembang hanya terdapat pada bagian dada dan punggung saja. 

Meski begitu, nilai tambah produk ini terletak pada kemudahan penyimpanannya karena bisa dilipat dengan mudah. Pemilik juga tak perlu khawatir saat menggunakannya ketika hujan karena baik bahan maupun sistem D-air dirancang tahan terhadap air. 

Selain itu, produk ini juga tersedia untuk bikers pria maupun wanita dengan 6 ukuran. Sementara mengenai ketersediaan, produk ini sudah mulai tersedia di jaringan penjualan Dainese pada Juli 2019 dan bisa dibeli dengan harga £ 569,95 atau sekitar Rp 10 jutaan. [Ary/Idr]  


Komentar