BMW Motorrad Kembangkan Mesin Boxer dengan VVT Share this

BMW Motorrad Kembangkan Mesin Boxer dengan VVT

Denny Basudewa
pada 31 Agustus 2018

Foto: BMW R1200GS

MUENCHEN – BMW Motorrad tengah menyiapkan 9 model baru untuk 2019. Salah satu inovasinya adalah menggunakan mesin boxer yang telah dilengkapi teknologi Variabel Valve Timing (VVT).

BMW Motorrad merupakan produsen motor yang menerapkan model mesin boxer atau flat, pada beberapa modelnya. Salah satunya diterapkan pada model adventure mereka yang sangat populer di seluruh dunia yakni R1200GS.

Kabar yang berhembus, manufaktur asal Jerman tersebut tengah mengembangkan generasi terbaru GS. BMW Motorrad dikatakan melakukan sentuhan pada sektor mesin boxer GS yang menjadi ciri khasnya.

Mesin tersebut mengalami peningkatan kapasitas dari sebelumnya 1.170 cc, menjadi 1.254 cc. Sementara tenaga yang dihasilkan juga ikut terkerek sebesar 11 hp menjadi 134 hp secara total. Namun bobot mesin secara keseluruhan bertambah 4,5 kilogram.

Menariknya, terdapat pada kepala silinder yang mengusung teknologi pengaturan buka-tutup klep secara variabel, biasa dikenal dengan sebutan VVT. Penggunaan teknologi ini sebelumnya telah dilakukan oleh Suzuki dan Ducati pada produk-produknya.

Penggunaan teknologi VVT pada mesin diyakini akan menghasilkan suara yang lebih halus dan diklaim memiliki konsumsi BBM efisien. Sementara itu diimbangi dengan penggunaan knalpot yang mereduksi suara dari mesin.

BMW R1250GS MY 2019 diharapkan melakukan debutnya pada Intermot pada Oktober 2018. Namun jika meleset, generasi terbaru dari GS ini ditunggu oleh konsumen kehadirannya pada pameran EICMA November mendatang.

BMW R1200 terutama model GS, menjadi penyumbang penjualan terbesar BMW Motorrad di seluruh dunia. [Dew/Ari]


Komentar