Video Proses Pembuatan Motor-motor BMW Share this
Video Motor
Mode baca

Video Proses Pembuatan Motor-motor BMW

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 20 Juli 2016

BERLIN - BMW Motorrad telah berhasil menciptakan berbagai model motor dengan kualitas terbaik. Di balik kesuksesan tersebut terdapat kesempurnaan dalam proses produksi setiap model motor BMW.

Pada tahap pertama adanya proses pembuatan elemen mesin dan rangka motor. Proses ini semua dikontrol melalui komputer dengan kemampuan fleksibilitas tinggi dan tingkat keakuratan tinggi dengan mengandalkan kemampuan mesin.

Proses berikutnya yaitu proses pembuatan mesin dengan menggunakan tiga sistem assembly sangat fleksibel.

Di dalam BMW Berlin Plan berlokasi di Berlin, Jerman ini terdapar lebih dari 150 karyawan yang bekerja untuk menghasilkan 500 mesin antara lain mesin 2 (Boxer), 4-silinder dan 6-silinder per hari. Mesin-mesin ini dirakit lebih dari 600 komponen.

Sebagian besar pabrik ini mengandalkan robot, salah satunya ketika proses pengecatan dengan menggunakan 5 robot yang dikontrol melalui komputer. Mesin tersebut mampu melakukan pengecatan secara detail.

Setelah melalui proses pengecatan oleh robot, BMW Motorrad memiliki tim spesialis untuk penyempurnaan pengecatan, pada roda, tangki bensin dan panel samping dicat secara manual oleh tim ini.

Proses berikutnya yaitu penggabungan seluruh elemen menjadi satu. Menggunakan bantuan robot dan kemampuan mekanik profesional.

Setelah melakukan proses penggabungan tersebut, mekanik melakukan pengujian kualitas secara keseluruhan. Jika sudah dianggap layak baru dikirim ke setiap dealer untuk disampaikan ke tangan konsumen. BMW Motorrad menggunakan alat transportasi truk, kereta dan kapal kargo untuk mengirim motor-motor ke seluruh penjuru dunia. [Amo/Ikh]


Komentar