BMW Vision DC Roadster Pamer Otot Share this
Motor Konsep
Mode baca

BMW Vision DC Roadster Pamer Otot

Denny Basudewa
pada 26 Juni 2019

Foto: BMW Motorrad Vision DC Concept

MUNICH – BMW Motorrad memamerkan Vision DC Roadster sebagai motor konsep yang sepenuhnya mengandalkan energi listrik.

Era sepedamotor bertenaga listrik nampaknya segera menjadi kenyataan. BMW Motorrad adalah salah satu pabrikan motor yang ingin segera memulai era elektrifikasi melalui produk-produknya. Bahkan mereka rela meninggalkan ciri khas mesin boxer yang selama ini melekat pada hampir semua unitnya.

“Mesin boxer adalah jantung dari BMW Motorrad. Akan tetapi BMW Motorrad memiliki visi untuk menghadirkan kendaraan tanpa emisi. The Vision Bike menunjukkan bahwa kami mampu mempertahankan identitas dan penampilan ikonik dalam bentuk yang berbeda,” kata Edgar Heinrich, BMW Motorrad Design Chief.

BMW Motorrad berusaha untuk tidak meninggalkan ciri khas kuda besi mereka yang identik dengan mesin melintang (boxer). Hanya saja mereka mengganti mesin konvensional dengan baterai listrik. Penempatan dua buah baterai tersebut dibuat serupa dengan mesin boxer.

Baterai dipasangkan secara vertikal dan berorientasi longitudinal dengan menambahkan elemen-elemen seolah-olah mesin boxer berpendingin udara. Meskipun desainnya futuristik, BMW Vision DC Roadster dikabarkan mengambil inspirasi dari rancang bangun R 32 yang diproduksi pada 1923.

Motor ini menggunakan rangka berbahan alumunium yang memiliki desain berlekuk-lekuk. Ada pula beberapa komponen yang terbuat dari karbon guna menghemat bobot kendaraan secara keseluruhan.

Untuk urusan pencahayaan, BMW Vision DC Roadster Concept menggunakan LED yang bentuknya cukup sederhana. Hal ini dikarenakan pihak pabrikan mengincar tampilan yang minimalis dan sederhana namun tetap berteknologi tinggi.

Ban Metzeler yang digunakan kendaraan ini dikatakan merupakan hasil pesanan khusus. Si karet bundar bisa memendarkan cahaya pada kondisi gelap. Tidak ada data lengkap yang diungkapkan oleh pihak pabrikan hingga saat ini. [Dew/Idr]
 

 


Komentar