BMW M5 Competition Edition, Mobil Paling Bertenaga Besar Share this
Mobil Baru
Mode baca

BMW M5 Competition Edition, Mobil Paling Bertenaga Besar

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 23 Juli 2016

Foto: BMW M5 Competition Edition

MUNICH - BMW M Division tak pernah berhenti berinovasi. Kali ini BMW M5 Competition Edition, sedan paling bertenaga sepanjang sejarah BMW, dibuka selubungnya.

BMW M Division mengumumkan BMW M5 Competition Edition mampu memuntahkan tenaga puncak sebesar 441 kW atau 600 hp dengan torsi tertinggi 700 Nm.

Tampilan eksterior new BMW M5 Competition Edition semakin sporty dengan menggunaan paket standar kompetisi balap. Hal ini membuat mobil yang hanya akan diproduksi sebanyak 200 unit ini semakin bernilai.

Kesan kokoh pada sedan ini semakin menonjol berkat penggunaan roda berdiameter 20” (265/35 ZR20 di depan, 295/30 ZR20 di belakang) berkelir Jet Black. Beberapa komponen berbahan karbon seperti rear diffuser, boot lid, mirror cap, diadopsi oleh mobil yang berbasis generasi kelima BMW 5 Series ini.

Berbagai fitur kenyamanan berkendara terbaru terdapat pada sedan ini yaitu 1200 watt Bang & Olufsen High End Surround Sound System, BMW Head-Up Display, Comfort Access, Lane Departure Warning dan tambahan pilihan baru BMW Driving Assistant.

Sedan performa tinggi membopong jantung mekanis 4.4 L V8 TwinPower Turbo. Peningkatan tekanan pada turbo menjadi fokus pengembangan pada sedan satu ini.

Hal ini terbukti dengan performa meningkat sebesar 40 hp dan peningkatan torsi hingga 20 Nm. Peningkatan tenaga tentunya diseimbangkan dengan perbaikan karakteristik handling kendaraan dan dapat dilihat pada ketinggian body mobil yang berkurang 10 milimeter.

Mobil ini diluncurkan dengan standar sistem transmisi M dual clutch dan Drivelogic. Kendaraan ini hanya membutuhkan 3,9 detik untuk mencapai 100 kpj dari kondisi diam. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) tercatat 9,9/100 km sedangkan emisi CO2 sebesar 231 gr/km.

Suspensi dan stabilizer mengalami peningkatan berarti sehingga membuat kendali mobil semakin nyaman. Bagi para pemilik BMW M5 lain, paket sistem suspensi ini dapat diaplikasikan pada kendaraan mereka. Oiya, BMW M5 Competition Edition memakai M carbon-ceraic brake system.

Sedan yang hanya dijual sebanyak 200 unit ini ditawarkan dalam pilihan warna Carbon Black metallic dan Mineral White metallic.

Harga BMW M5 Competition Edition 129.500 euro atau setara dengan Rp 1,8 miliar.[Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
BMW M5 Competition Edition, Mobil Paling Bertenaga Besar


Komentar