BMW Luncurkan M5 Spek Kompetisi Share this
Mobil Baru
Mode baca

BMW Luncurkan M5 Spek Kompetisi

Denny Basudewa
pada 11 Mei 2018

Foto: BMW M5 Spek Kompetisi

MUNICH – BMW menghadirkan M5 dengan spek kompetisi yang memiliki tenaga lebih besar 24 hp dari versi standar.

New BMW M5 mengusung mesin dengan semburan tenaga dahsyat yakni 592 hp. Namun kini pabrikan asal Jerman tersebut mengenalkan M5 dengan spek kompetisi yang menggendong mesin 24 hp lebih besar.

Dengan mengandalkan mesin V8 4.4-liter, BMW M5 spek kompetisi dipercaya mampu menghasilkan tenaga sebesar 617 hp. Namun torsi untuk sedan bisnis tersebut tetap sama dengan versi standar yaitu 750 Nm.

Tambahan tenaga pada BMW M5 Competition tersebut, membuat akselerasi kendaraan 0 – 100 km/jam hanya 3,3 detik saja. Walaupun iika dibandingkan dengan versi standarnya terdapat perbedaan 0,1 detik.

Tenaga mesin yang besar kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis delapan-percepatan kepada keempat rodanya (all-wheel drive). Dimana sistem penggerak roda belakang dapat difungsikan dengan menggunakan Active M Differential.

Sementara mesin tersebut dikaitkan ke bodi kendaraan dengan menggunakan mounting khusus, guna memberikan respon yang lebih baik.

Para insinyur BMW tidak hanya membuat mesin mampu mengeluarkan tenaga yang lebih kencang. Namun mereka melakukan penyempurnaan sasis dan suspensi agar pengendaraan lebih baik. Salah satunya dengan membuat ketinggian mobil lebih rendah 7 mm.

Berbicara suspensi, BMW M5 spek kompetisi ini dikatakan lebih keras 10 persen dari standarnya. Hal ini berguna ketika melintasi trek balap sehingga kendaraan dapat terkendali dengan baik.

Mobil yang dirancang khusus untuk arena balap ini hanya terdapat perubahan kecil pada bagian eksterior. Sedan bisnis tersebut hanya dibedakan pada bagian grille dan spion samping yang diberi kelir hitam.

Perbedaan lainnya yang mencolok adalah penggunaan lingkar roda 20” dan sistem pembuangan yang model sangat sporti. Hasilnya suara yang dihasilkan mesin terdengar lebih gahar dan bisa memacu adrenalin.

Masuk ke dalam kabin, perbedaan dengan versi standarnya hanya terdapat pada logo M5 pada seat belt, karpet dan panel cluster yang terlihat pada saat mesin dihidupkan. BMW M5 Competition ini dipasarkan dengan harga Rp 1.5 miliar dan akan tersedia untuk pasar AS Juli 2018. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
BMW Luncurkan M5 Spek Kompetisi


Komentar