BMW dan Great Wall Motor Bangun Pabrik Mobil Listrik MINI di China Share this
Berita Mobil
Mode baca

BMW dan Great Wall Motor Bangun Pabrik Mobil Listrik MINI di China

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 12 Juli 2018

BERLIN - BMW Group dan Great Wall Motor (GWM) sepakat untuk membangun pabrik mobil listrik MINI kedua di China yang akan beroperasi tahun depan.

BMW berkomitmen memperbanyak produksi kendaraan listrik MINI. Hal tersebut ditandai dengan pendirian pabrik baru hasil patungan dengan GWM di provinsi Jiangsu, China. Dengan begitu, BMW kini memiliki dua pabrik di mana lokasi pertamanya berada di Oxford, Inggris.

Kerjasama ini nyatanya tidak hanya melibatkan antar dua pabrikan saja, melainkan hubungan antar negara (China-Jerman). Makanya, penandatangan kesepakatan juga turut dihadiri oleh Li Keqiang, Perdana Menteri China dan Angela Merkel, Kanselir Jerman.

"Penandatangan ini mewakili peningkatan kerjasama baru antara China dan Jerman. Kemitraan bisnis ini adalah win-win solution yang jelas, baik untuk BMW Group maupun GWM," kata Harald Kruger, Ketua Dewan Manajemen BMW AG.

BMW Group and GWM Pabrik Mobil Listrik Mini di China

Kruger mengatakan, hal ini juga menjadi langkah konkrit bagi BMW dalam mendukung ambisi pemerintah China. Tentu saja terkait dengan misi mereka untuk meningkatkan produksi kendaraan energi baru dan mengurangi emisi di sektor mobilitas.

Selain itu, MoU kedua pabrikan juga ditandatangani oleh Wei Jianjun, pendiri sekaligus Ketua GWM dan Kalus Frohlich, anggota dewan manajemen BMW AG. Mereka pun mengungkap kolaborasi ini merupakan keputusan yang tepat untuk menjadikan keduanya sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia.

"Pengalaman kami sebagai pelopor dan pemimpin di bidang elektrifikasi, ditambah track record GWM yang sudah terbukti dalam industrialisasi yang efisien, memungkinkan kami mendorong pertumbuhan pasar e-mobility terbesar di dunia,"ungkap Frohlich.

BMW dan GWM juga akan saling bekerjasama menciptakan fasilitas produksi baru yang canggih. Namun, pabrik ini akan dimaksimalkan untuk pasar domestik China.

Pemilihan negeri Tirai Bambu juga tak lepas dari partisipasi negara tersebut menyerap mobil-mobil MINI. Pada 2017 lalu tercatat 35.000 unit MINI terjual di China dan sekaligus menjadikannya pasar terbesar keempat MINI di dunia. [Ary/Ari]


Komentar