Dollar Naik, Pertamina Tahan Harga Pertamax dan Kawan-kawan Share this
Workshop
Mode baca

Dollar Naik, Pertamina Tahan Harga Pertamax dan Kawan-kawan

Denny Basudewa
pada 05 September 2018

Foto: Pom Bensin Pertamina

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menegaskan harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU tidak mengalami kenaikan, meskipun nilai tukar dollar terhadap rupiah semakin menguat.

Diketahui bahwa harga 1 dollar sama dengan Rp 15 ribuan pada pagi ini (05/09/2018). Berkaitan dengan hal ini, beberapa harga jual barang yang diimpor dari luar negeri berpotensi naik. Tidak terkecuali BBM yang masih dibawa masuk dari negara lain.

“Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga," tegas Adiatma Sardjito selaku Vice President Corporate Communication Pertamina.

Menurutnya sebagai salah satu badan usaha hilir migas, Pertamina akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah. Hal ini dilakukan agar perusahaan milik negara tersebut tetap mampu menjaga penyediaan dan melayani kebutuhan BBM di masyarakat.

Selaku Badan Usaha, Pertamina akan melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada Pemerintah dan Menteri ESDM. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

"Pertamina patuh pada aturan Pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu," jelas Adiatma kemudian.

Untuk diketahui harga BBM Pertamax Rp 9.500, Pertamax Turbo Rp 10.700, Pertamina Dex Rp 10.500, Premium Rp 6.550, Pertalite Rp 7.800 dan Bio Solar Rp 5.150.  [Dew/Ari]


Komentar