Auto2000: Toyota Masih Dominan Meski Avanza Dikeroyok

Toyota Avanza Tulang Punggung Auto2000

PANDEGLANG – Toyota Avanza diakui pihak Auto2000 tak lagi menjadi backbone penjualan mereka.

Munculnya pesaing-pesaing baru di kelas low multi purpose vehicle (LMPV), tak dapat dipungkiri mengganggu dominasi Toyota Avanza. Apalagi, kompetitor sebut saja Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander tampil dengan sederet kebaruan sebagai pemikat keluarga di Tanah Air.

Hal ini diakui salah satu jaringan penjualan mobil Toyota, Auto2000. Ardian Nur, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI 2 mengibaratkan sekarang Avanza harus berbagi porsi dengan brand lain untuk makan di piring yang sama.

“Memang agak terganggu. Jika tadinya makan sendiri atau berdua, sekarang dalam sepiring lebih banyak lagi yang makan,” katanya ketika ditemui di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten (9/11).

Namun, Ia mengklaim penjualan Avanza di Auto2000 masih bagus. Mobil keluarga 7-penumpang itu tetap diminati para konsumen dan memimpin di kelas LMPV.

“Avanza tadinya main sendiri. Kemudian masuk mobil baru, memang agak terganggu. Tapi, di market share kami masih di atas 30 persen. Artinya, masih menguasai pasar walaupun dengan model yang ada sekarang,” terang Ardian.

Lagi pula, saat ini Auto2000 tak hanya mengandalkan penjualan Avanza saja. Mereka bahkan menyebut Avanza bukan satu-satunya produk jagoan karena Toyota juga punya produk-produk lain yang tak kalah kuat. Meskipun, ada rumor mengatakan Toyota Avanza baru bakal lahir.

“Avanza tidak hanya tulang punggung (Auto2000). Tapi, semua produk seperti Toyota Innova yang main sendiri dengan market share 88 persen. Saat ini penjualan terbanyak ada di Avanza, Innova dan Toyota Rush. Ada positifnya karena kami jadi memperhatikan semuanya (produk) agar bisa menjadi tulang punggung,” tutup Ardian.

Hal tersebut sebanding lurus pula dengan hasil penjualan retail nasional Auto2000 selama periode Januari-Oktober 2018. Toyota Avanza memimpin dengan 29.100 unit, disusul Innova sebanyak 23.000 unit dan all-new Rush 20.100 unit. Sementara penjualan ketiga unit itu juga begitu dominan di wilayah DKI 2. Di mana Avanza terjual sebanyak 5.000 unit, Innova 4.300 unit dan all-new Rush 3.900 unit. [Ary/Ari]