10 MPV Terlaris Sepanjang 2018

10 MPV Terlaris
10 MPV Terlaris 2018

JAKARTA – Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang terbukti masih menjadi primadona di Indonesia.

Sepanjang 2018 (Januari – Oktober), data milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengatakan bahwa penjualan mobil jenis MPV masih digemari oleh para konsumen di Tanah Air. Mobil jenis ini saling berebut mendapatkan hati konsumen.

Segmen mobil berkapasitas 7-penumpang di Indonesia sendiri memiliki pilihan yang cukup beragam. Mulai dari Low Cost Green Car (LCGC), Low MPV, Medium MPV, High MPV hingga premium MPV memiliki penggemarnya masing-masing.

Berdasarkan data dari Gaikindo, OS mencoba untuk mengumpulkan 10 MPV paling laris di Indonesia sepanjang 2018 (Januari – Oktober). Beberapa pendatang baru mampu memberikan warna hingga menjadi pemimpin penjualan di kelasnya.

10 MPV Terlaris
Mitsubishi Xpander

1.Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander sebagai pendatang baru memang cukup mengejutkan. Setelah dipamerkan dalam bentuk konsep ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. MPV berlambang Tiga Berlian ini mampu merebut hati para penggemarnya.

Xpander mampu merebut tempat pertama sebagai MPV paling laris di Indonesia sepanjang 2018. MPV 7-penumpang tersebut telah terjual sebanyak 66.126 unit. Hasil tersebut berhasil mengalahkan Toyota Avanza yang sudah menjadi legenda di kelas Low MPV.

10 MPV Terlaris
Toyota Avanza

2.Toyota Avanza
Toyota Avanza menempati posisi kedua dengan penjualan sebanyak 65.544 unit sepanjang 2018 (Januari – Oktober). Kendaraan yang sempat mendapat julukan ‘Mobil Sejuta Umat’ ini mulai kehilangan pamornya karena banyaknya pesaing yang hadir dua tahun terakhir.

10 MPV Terlaris
Toyota Calya

3. Toyota Calya
Tempat ketiga dihuni oleh Toyota Calya dengan penjualan sebanyak 53.633 unit. Produk LCGC Toyota ini cukup diminati masyarakat karena harganya yang terjangkau, namun fiturnya cukup lengkap. Bahkan beberapa fitur keselamatannya dianggap cukup komplit sebagai kendaraan rakyat.

10 MPV Terlaris
Toyota Innova

4. Toyota Innova
Toyota Innova menempati urutan keempat MPV terlaris di 2018 dengan raihan penjualan 48.487 unit. Evolusi kendaraan keluarga yang telah mengaspal sejak 40 tahun silam tersebut masih dipercaya konsumen Tanah Air.

Kenyamanan mobil berkapasitas 7-penumpang dan kabin yang luas menjadi salah satu daya tarik Innova di mata para pelanggan setianya.

10 MPV Terlaris
Daihatsu Sigra

5. Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra menempati tempat kelima dengan penjualan sebanyak 42.704 unit sejak Januari 2018. Kembaran Toyota Calya tersebut juga mampu mendapatkan hati konsumen di Indonesia.

Berbekal harga lebih murah dan jaringan bengkel Daihatsu yang luas, menjadi salah satu titik kekuatan produk satu ini. Catatan penjualan kendaraan ini bahkan melebihi kakaknya yakni Daihatsu Xenia.

10 MPV Terlaris
Daihatsu Xenia

6. Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia hadir bersamaan dengan Toyota Avanza. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang bertugas untuk memproduksi Low MPV kembar tersebut mulai kehilangan tempat karena modelnya dianggap sudah ketinggalan jaman.

Produk Daihatsu satu ini meraih tempat keenam MPV terlaris pada 2018 dengan total pejualan Januari – Oktober sebanyak 24.704 unit. Kabar terbarunya ADM tengah menyiapkan generasi terbaru Xenia yang akan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada awal 2019.

10 MPV Terlaris
Honda Mobilio

7. Honda Mobilio
Honda Mobilio juga menjadi salah satu korban dari persaingan di kelas Low MPV. Menempati posisi ketujuh dengan total penjualan sebanyak 21.951 unit sepanjang 2018, produk berlambang H tersebut mulai tergerus oleh pesaingnya

Meskipun telah mengalami sejumlah penyegaran, Low MPV Honda ini terus mengalami fluktuasi penjualan sepanjang tahun.

10 MPV Terlaris
all-new Suzuki Ertiga

8. Suzuki Ertiga
Menarik adalah Suzuki Ertiga generasi terbaru yang meraih posisi delapan dengan total penjualan 15.265 unit. Sementara generasi terbaru baru dipasarkan setelah pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2018, adapun generasi terdahulunya menyumbang penjualan 11.696 unit. Namun di sini kami hanya memasukkan kendaraan generasi terbaru saja.

10 MPV Terlaris
Wuling Confero

9. Wuling Confero
Pendatang baru lainnya yang cukup mendapat porsi lebih dari masyarakat adalah Wuling Confero. MPV asal China ini meraih penjualan sebanyak 8.460 unit sepanjang 2018. Low MPV asal negeri Tiongkok tersebut mampu diterima masyarakat meskipun ditawarkan tanpa pilihan transmisi otomatis.

Wuling Confero masuk ke Tanah Air dengan harga yang cukup fantastis. Kendaraan keluarga ini bahkan mampu menampung hingga 8 orang dengan konfigurasi tempat duduk. Sayangnya beberapa waktu lalu mobil ini mendapat peringkat buruk dari ASEAN NCAP pada tes tabrak. Hal ini dikarenakan ada satu varian yang tidak dilengkapi dengan airbag.

10 MPV Terlaris
Nissan Livina

10. Nissan Livina
Lalu posisi terakhir dihuni Nissan Livina yang terjual sebanyak 2.190 unit. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) seperti kehilangan arah dalam memasarkan produknya satu ini. Low MPV yang telah diproduksi secara lokal, kalah bersaing dengan kompetitornya.

Rumor yang tengah hangat diperbincangkan adalah kehadiran generasi terbarunya. Menjadi menarik karena dikatakan Livina terbaru akan menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander. [Dew/Ari]

Hasil penjualan MPV (Januari-Oktober) 2018

  1. Mitsubishi Xpander 66.126 unit
  2. Toyota Avanza 65.544 unit
  3. Toyota Calya 53.633 unit
  4. Toyota Innova 48.487 unit
  5. Daihatsu Sigra 42.704 unit
  6. Daihatsu Xenia 24.807 unit
  7. Honda Mobilio 21.951 unit
  8. Suzuki Ertiga 15.265 unit
  9. Wuling Confero 8.460 unit
  10. Nissan Livina 2.190 unit