Daihatsu Sigra 1.0-L Singkirkan Xenia 1.0-L Share this
Mobil Baru
Mode baca

Daihatsu Sigra 1.0-L Singkirkan Xenia 1.0-L

Denny Basudewa
pada 30 Juni 2016

Foto: Daihatsu Xenia 1.0-liter akan disuntik mati.

JAKARTA – Kemunculan Daihatsu Sigra 1.0-liter di Indonesia disebut-sebut akan menyingkirkan keberadaan Daihatsu Xenia 1.0-liter.

Menjelang kemunculannya, pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia Intarnational (GIIAS) 2016 Agustus mendatang, Daihatsu Sigra bermesin 1.0-liter secara otomatis akan menggusur Xenia 1.0-liter. Hal ini diungkapkan tenaga penjual salah satu dealer Daihatsu.

“Sampai saat ini Daihatsu fokus untuk menyiapkan Sigra. Sehingga stok Xenia jadi terbatas. Bahkan beberapa konsumen kesulitan buat mendapatkan unit Xenia khususnya yang mesin 1000cc,” ungkapnya.

Daihatsu Sigra sendiri akan mengusung dua jenis mesin yakni 1.2-liter dan 1.0-liter. Pada varian yang menggunakan mesin 1.0 liter, sang tenaga penjual yang tidak ingin identitasnya disebut ini mengatakan, bahwa Sigra 1.0-liter memang menggunakan mesin yang sama dengan Xenia.

“Mesinnya memang sama mas. Mungkin ada sedikit perbedaan tapi basic-nya sama,” lanjutnya.

Kabin Daihatsu Sigra sendiri mampu menampung 7 orang dewasa. Hal ini berbeda dengan saingannya yakni Datsun GO+ Panca yang hanya mampu menampung 5 penumpang dewasa, plus 2 anak-anak (5+2).

Fitur unggulan mobil bergenre LCGC ini adalah Climate Control Air Conditioner. Hal ini diungkapkan karena Daihatsu Sigra tidak dilengkapi fitur double blower air conditioner. Bahkan pada versi termahalnya sekalipun fitur tersebut tidak tersedia.

Proyek kerjasama antara Toyota dan Daihatsu ini merupakan yang keempat kalinya. Setelah sukses bersama Avanza–Xenia, Rush–Terios, Agya–Alya dan kini Sigra–Calya siap dikenalkan.

Kemudian ground clearance Daihatsu Sigra lebih rendah dari Xenia. Hal ini disebabkan diameter ban Sigra menggunakan ring 13". Xenia diketahui memiliki ground clearance 190 mm, sedangkan Sigra 180 mm. [Dew/Ikh]


Komentar