Apple Watch Miliki Sensor Kadar Potasium Dalam Darah Share this
Gadget
Mode baca

Apple Watch Miliki Sensor Kadar Potasium Dalam Darah

Denny Basudewa
pada 13 Maret 2018

Foto: Apple Watch

MOUNTAIN VIEW – Apple bekerjasama dengan perusahaan medis AliveCor agar bisa menyematkan sensor yang dapat mendeteksi kadar potasium dalam darah seseorang.

Melalui produknya Apple Watch, AliveCor menanamkan sensor KardiaBand yang mampu mendeteksi kadar berbahaya dari potasium, dengan tingkat akurasi hingga 94 persen. Hebatnya sensor ini bekerja tanpa menggunakan jarum.

KardiaBand yang diciptakan oleh AliveCor tersebut diletakkan pada tali jam tangan. Sehingga ketika penggunanya menyentuh sensor, alat ini dapat membaca aktivitas jantung seseorang. Metode seperti ini biasa disebut Electrocardiogram (EKG) dalam dunia medis.

Sensor KardiaBand mampu membaca detak jantung yang tidak normal dan atrial fibrillation (Afib), kemudian menyuguhkannya dalam bentuk aplikasi di layar jam tangan pintar. CEO AliveCor Vic Gundotra mempresentasikan teknologi tersebut, dapat mendeteksi tingginya kadar potasium yang gejalanya disebut Hyperkalemia.

Hyperkalemia sendiri sering kali tidak menujukkan gejala. Namun beberapa orang mengalami denyut jantung yang tidak beraturan, denyut nadi lambat dan lemah, kelelahan, lemas, kesulitan bernafas dan mual.

KardiaBand dapat menganalisis data EKG, serta mendeteksi apakah pengguna memiliki Hyperkalemia. Data tersebut mencakup 2 juta EKG yang terhubung dengan 4 juta nilai potasium. Adapun penelitiannya telah dilakukan dan dikumpulkan selama 23 tahun.

Meskipun terbilang canggih dan diklaim mampu mendeteksi potasium dalam darah, dengan tingkat akurasi 90 hingga 94 persen, namun KardiaBand dari AliveCor masih belum mendapat lisensi dari BPPOM Amerika Serikat yakni FDA (Food and Drug Administration). [Dew/Ari]


Komentar