Apple Semakin Agresif Kembangkan Teknologi Mobil Otonom Share this

Apple Semakin Agresif Kembangkan Teknologi Mobil Otonom

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 29 Januari 2018

Foto: Mobil konsep Apple

CALIFORNIA - Apple telah mendaftarkan 24 prototype mobil otonom ke Californian DMV.

Apple menunjukkan keseriusannya untuk menekuni teknologi mobil masa depan. Pada April 2017, produsen teknologi asal Amerika Serikat ini telah mendaftarkan 3 unit Lexus RX450h untuk melakukan proses uji coba.

SUV Lexus tersebut dimodifikasi dan telah menyematkan teknologi otonom milik Apple. Sejak saat itu, Apple secara berkala menambah unit prototype dengan komposisi 2 unit di Juli 2017, 7 unit di Oktober 2017, 2 unit di Novembber 2017, 6 unit di Desember 2017 dan 7 unit di Januari 2018.

Dengan total 24 unit prototype tersebut, Apple tampak ingin menghadirkan teknologi mobil otonom dalam waktu dekat. Jika teknologi mobil otonom telah siap, Apple akan menjual teknologi tersebut ke produsen mobil dunia.

Pada Oktober 2017, salah satu prototype mobil otonom Apple tampak sedang melakukan uji coba di Palo Alto, California. Mobil otonom tersebut dipersenjatai dengan 6 unit sensor LiDAR, beberapa kamera, beberapa sensor tambahan dan radar.

Meski hasil dari pengujian tersebut belum dapat diumumkan, Apple tetap berusaha agar teknologi ini sudah dapat diaplikasikan pada mobil otonom berbagai brand pada 2020. Jika dilihat dari hasil analisis Navigant, Apple merupakan produsen tekologi yang berada di peringkat 2 terbawah untuk pengembangan teknologi otonom.

Uber, Waymo dan Aptiv dinilai telah mengembangkan teknologi otonom lebih cepat dan telah memasuki tahap lebih tinggi dari Apple. Tentunya ketiga perusahaan teknologi tersebut juga bekerjasama dengan beberapa produsen mobil dunia.

Selain terus mengembangkan teknologi mobil otonom, Apple secara diam-diam juga berencana untuk membuat mobil listrik. Jika rencana tersebut dapat terealisasi, Apple akan membuat sebuah gebrakan yang dinilai sangat besar di masa depan. [Amo/Ari]


Komentar