5 Tips Menghindari Kecelakaan Motor di Malam Pergantian Tahun Share this
Tips
Mode baca

5 Tips Menghindari Kecelakaan Motor di Malam Pergantian Tahun

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 28 Desember 2016

Foto: Tips mengendarai sepedamotor

JAKARTA - Malam tahun baru hampir tiba. Banyak masyarakat merayakan pergantian tahun dengan mengendarai roda dua. Asyik memang, namun mengendarai sepedamotor bukanlah hal mudah. Masih banyak biker yang tidak memahami cara bersepedamotor yang baik dan benar.

Untuk dapat mengendarai sepedamotor dengan baik dan menghindari risiko kecelakaan, pemotor membutuhkan banyak pengetahuan. Tidak hanya cara mengendarai saja, melainkan juga dibutuhkan ilmu dan mental yang siap.

Kali ini Otospirit ingin memberikan beberapa tips untuk mengurangi risiko kecelakaan ketika mengendarai sepedamotor di malam pergantian tahun. Berikut ulasannya:

tips menghindari kecelakaan motor Tips menghindari kecelakaan motor

Perhatikan batas kecepatan

Berkendara dengan kecepatan tinggi sangatlah seru namun memiliki risiko yang sangat besar. Dengan kecepatan tinggi, bikers terkadang masih merasakan panik ketika kendaraan lain mendadak muncul di depannya sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan.

Jika Anda dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba kendaraaan di depan berhenti mendadak, jangan langsung mendadak melakukan pengereman. Sebaiknya lihat spion kanan atau kiri dan lakukan gaya menghindar setelah melakukan pengereman secara perlahan-lahan.

Memang dibutuhkan kepercayaan diri tinggi dan tingkat keahlian yang baik untuk dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Lebih baik Anda mengetahui tingkat kemampuan mengendara dan tetap tenang hingga jangan terpancing dengan pengendara lain yang berkendara dengan kecepatan tinggi di mana kebanyakan mereka tidak mementingkan keselamatan diri mereka dan orang lain.

Tips menghindari kecelakaan motor Tips menghindari kecelakaan motor

Perhatikan sudut tikungan

Tikungan merupakan tantangan yang sangat menarik bagi bikers. Diperlukan tingkat kalkulasi tinggi untuk dapat bermanuver dengan benar. Biker perlu memperhatikan lajur, kecepatan, radius putar, teknik dan mental sebelum bermanuver. Jika salah sedikit saja, sepedamotor akan bergerak di luar kehendak pengendara yang dapat berakibat fatal.

Anda perlu memperhatikan kecepatan, teknik pengereman, posisi sebelum bermanuver, mendapatkan pengelihatan sejauh-jauhnya sebelum bermanuver. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut Anda dapat berbelok dengan aman dan sesuai dengan keinginan.

Tips menghindari kecelakaan motor Tips menghindari kecelakaan motor

Mengusai rute dan kondisi lalu lintas

Banyak sekali biker yang bersemangat dalam mengendarai sepedamotor tanpa memperhatikan kondisi rute dan lalu lintas perjalanan. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai macam kemungkinan kecelakaan akibat kurangnya persiapan.

Jika hal tersebut terjadi, Anda harus melakukan pengamatan terlebih dahulu dengan tidak melaju dengan kecepatan tinggi. Melakukan proses adaptasi dengan cepat dengan melihat kondisi kendaraan di depan Anda.

Tips menghindari kecelakaan motor Tips menghindari kecelakaan motor

Menahan emosi

Kondisi jalan di setiap daerah selalu berbeda-beda. Anda perlu menyesuaikan diri ketika melewati daerah yang belum pernah dilewati. Karena itu, Anda harus bisa menahan ego dan selalu waspada untuk dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tips menghindari kecelakaan motor Tips menghindari kecelakaan motor

Jangan terlalu egois

Terkadang ketika berkendara sepedamotor, biker merasa dirinya paling benar sehingga tidak peduli terhadap kondisi sekitar. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan bagi orang lain dan diri sendiri.

Anda harus memiliki tingkat toleransi tinggi agar selamat dari kecelakaan. Terkadang orang lain melakukan kesalahan dalam berkendara atau mengemudi dan Anda harus dapat memaklumi hal tersebut serta dapat memposisikan diri dalam kondisi paling aman. [Amo/Ikh]


Komentar