Pengemudi Harus Menjalani Pemeriksaan Mata untuk Dapat SIM Share this
Berita Motor
Mode baca

Pengemudi Harus Menjalani Pemeriksaan Mata untuk Dapat SIM

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 05 Januari 2016

LONDON - Meningkatnya angka kecelakaan disebabkan pengemudi mobil cukup tinggi. Salah satu penyebabnya berhubungan dengan penglihatan berkurang. Karena itu, selain tes keahlian mengemudi, tes ketajaman mata harus digalakan sebelum mendapatkan SIM (surat izin mengemudi).

Tes ketajaman mata ini disebut-sebut Organisasi Road Safety GEM Motoring Assist harus dilakukan untuk setiap pengendara di London, Inggris. Mereka meminta pemerintah menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat Inggris dengan tes ketajaman mata pengendara motor dan mobil setiap 10 tahun.

Organisasi ini khawatir bahwa sejumlah pengendara tidak tes kesehatan mata mereka selama bertahun-tahun.

"Banyak pengendara berasumsi bahwa penglihatannya sudah baik dan tidak perlu check-up, namun kami tidak yakin. Itulah mengapa begitu penting demi keselamatan di jalan, pemerintah mengambil langkah-langkah untuk memastikan tes pemeriksaan mata kepada semua pengendara," kata David Williams MBE, Kepala Eksekutif GEM.

Ia percaya mengemudi mulai usia 17 - 50 tahun memiliki penurunan daya penglihatan secara signifikan. Karena itu wajib dilakukan pemeriksaan mata secara berkala.

Menurunnya kemampuan pengelihatan bisa menurunkan reaksi pengendara dengan apa yang terjadi di sekitar mereka. Tes ketajaman mata ini sebelumnya telah dilakukan beberapa negara bagian di Amerika Serikat. [Ikh/Idr]


Komentar