4 Pabrikan Jepang Berkolaborasi Ciptakan Baterai Universal Buat Motor Listrik Share this

4 Pabrikan Jepang Berkolaborasi Ciptakan Baterai Universal Buat Motor Listrik

Ary Dwinoviansyah
pada 08 April 2019

TOKYO — Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha sepakat bekerjasama untuk menetapkan standarisasi mengenai baterai sepedamotor listrik. 

Konsorsium antara keempat pabrikan Jepang ini muncul atas dasar visi serupa yakni mempopulerkan sepedamotor listrik. Artinya, semua pihak pasti sudah menyiapkan produk dengan energi terbarukan tersebut. 

Salah satunya adalah Honda yang datang dengan teknologi terbarunya melalui Honda PCX Electric. Baterai skutik ini juga sudah dilengkapi teknologi swap battery dan disertai pula dengan ketersediaan charging station. Dengan tujuan, waktu konsumen bisa lebih efisien tanpa harus menunggu proses pengisian baterai. 

Hal ini tentu menjawab pertanyaan terkait durasi pengisian baterai sepedamotor listrik. Untuk itu, Honda bersama Kawasaki, Suzuki dan Yamaha sepakat merancang standarisasi swap battery tersebut secara bersama-sama agar bisa digunakan secara umum di masa mendatang.

Seperti disebutkan dalam situs resmi Honda Motor Co., Ltd, Empat pabrikan akan duduk bersama dalam rangka menciptakan baterai universal itu. Honda mungkin lebih maju, tapi tidak menutup kemungkinan teknologi pada baterainya akan direvisi karena ada sinergi teknis dalam konsorsium ini.

Belum diketahui kapan hasil proyek ini akan diumumkan. Satu kepastiannya adalah hasil kolaborasi Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha akan lebih dulu terlihat di Jepang. Hal ini dilakukan demi menjawab keraguan akan daya jelajah, waktu pengisian baterai, biaya perawatan hingga kesiapan insfrastruktur dari sepedamotor listrik tersebut. 

"Penyebaran sepedamotor listrik membutuhkan solusi untuk masalah seperti jarak jelajah dan waktu pengisian dan baterai yang dapat diganti adalah solusi yang efektif. Konsorsium ini mempertimbangkan kenyamanan pelanggan dan pertama-tama kami akan melanjutkan dengan investigasi bersama empat brand sepedamotor domestik (Jepang). Saya harap ini akan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan," kata Noriaki Abe, Managing Executive Officer General Manager of Motorcycle Business Division Honda Motor Co., Ltd. [Ary/Idr]


Komentar