AHM Janji Tambah Kandungan Lokal Honda PCX Listrik Share this
Berita Motor
Mode baca

AHM Janji Tambah Kandungan Lokal Honda PCX Listrik

Ary Dwinoviansyah
pada 02 Februari 2019

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) berjanji bakal meningkatkan kandungan lokal untuk produk terbaru garapan mereka Honda PCX electric

Meski mulai banyak brand yang bergegas memproduksi sepedamotor listrik di Indonesia, PT AHM nyatanya sudah lebih dulu melakoninya dengan merilis Honda PCX electric. Skutik tersebut dibuat secara CKD (completely knock down) di pabrik AHM di bilangan Sunter, Jakarta Utara. 

Keputusan ini tentu bukan karena PT AHM latah dengan perkembangan tren sepedamotor listrik. Mereka menyebut sudah melakukan riset mengenai kemungkinan untuk memproduksi PCX listrik di Tanah Air. 

"Berbagai riset dan pengembangan fasilitas pabrik kami lakukan secara konsisten hingga akhirnya kini putra bangsa dapat memproduksi langsung motor listrik pertama Honda di Indonesia yaitu Honda PCX Electric di pabrik Astra Honda Motor," kata Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM. 

Lebih lanjut, Ia mengatakan di pabrik tersebut PT AHM tidak menambah investasi baru. Meski begitu, PT AHM belum bisa memenuhi segala kebutuhan Honda PCX listrik dengan bahan baku kandungan lokal penuh. 

"Kalau electric ini masih minim di bawah 50 persen. Berbeda dengan PCX Hybrid yang TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sudah di atas 90%. Tapi, bertahap kami akan terus tingkatkan kandungan lokalnya," ucap Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM. 

Misalnya saja memproduksi baterai di dalam negeri. Beberapa waktu lalu Honda juga sudah bekerjasama dengan Panasonic selaku produsen baterai. Keduanya bahkan sudah membentuk perusahaan patungan di Indonesia. Tapi, PT AHM juga masih akan menangani manajemen limbahnya akan seperti apa nanti. [Ary/Ari] 


Komentar