Merek-Merek Sepedamotor Lebih Irit Beriklan TV Tahun Ini Share this
Berita Motor
Mode baca

Merek-Merek Sepedamotor Lebih Irit Beriklan TV Tahun Ini

Insan Akbar
pada 10 Desember 2019

JAKARTA – Iklan sepedamotor di televisi pada Januari – Oktober 2019 dilaporkan berkurang dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year), baik dari segi total nilai maupun jumlahnya.

Total nilai iklan produk sepeda motor selama 10 bulan pertama 2019, menurut riset PT. Sigi Kaca Pariwara (SKP), berjumlah Rp 470,41 miliar. Ada penurunan 13,70 persen year on year, dari sebelumnya yang mampu mencapai Rp 545,11 miliar.

Jumlah iklan produk sepeda motor di layar kaca pun tereduksi. Pada Januari – Oktober tahun lalu ada 15.922 iklan, tapi pada periode yang sama tahun ini jumlahnya turun 5,07 persen menjadi 15.114 iklan.

Data statistik ini sendiri diperoleh Adstensity, produk monitoring iklan televisi milik SKP, berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun tv nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, Kompas TV, Net TV, dan TVRI. Adstensity mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan (publish rate), sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.

“Data ini tidak memberikan informasi apabila ada diskon atau potongan harga atau deal-deal lain dalam praktik bisnis antara pemasang iklan dan stasiun TV yang bersangkutan di luar dari Rate Iklan yang telah ditetapkan,” tulis SKP dalam keterangan resmi yang disebarluaskan pada akhir pekan lalu.

Pasar ‘kuda besi’ Nusantara secara kontras sedang mengalami penurunan. Pada 10 bulan pertama tahun ini, ada peningkatan 3,47 persen year-on-year menjadi 5,51 juta unit.

Lebih lanjut, SKP juga menjabarkan lima iklan terbesar di televisi dalam rentang waktu riset. Diberitakan sebelumnya, peringkat pertama ada Yamaha dengan Rp 152,8 miliar. Tapi, tidak diberitahukan untuk model apa saja dana itu digelontorkan.

Empat lainnya adalah Honda Genio (Rp 87,44 miliar), Suzuki (Rp 58,39 miliar), Honda ADV 150 (Rp 57,05 miliar), serta Honda Vario (Rp 39,12 miliar).

Dalam sudut pandang jumlah iklan terbanyak, nama kelimanya juga ada. Hanya urutannya saja yang sedikit berbeda, yaitu posisi tiga yang diisi Honda ADV 150 dan ranking empat yang ditempati Suzuki. [Xan/Idr]


Komentar