Waspadai Pinhole di Velg Agar Berkendara Tetap Nyaman Share this
Tips
Mode baca

Waspadai Pinhole di Velg Agar Berkendara Tetap Nyaman

Adi Hidayat
pada 24 Januari 2020

JAKARTA – Kerusakan pada velg (roda) akibat kesalahan produksi memang minim, namun HSR Wheel tetap menyarankan pada masyarakat untuk hati-hati.

Salah satu cacat bawaan pada velg biasanya adalah adanya kebocoran kecil tak kasat mata pada velg. Akibatnya, angin pada ban selalu habis meski tidak secara cepat. Kerusakan ini terbilang sulit terdeteksi secara langsung.

“Tidak bisa dilihat, pinhole harus diperiksa dengan mencelupkan ban yang sudah terisi dengan angin ke dalam air. Dari situ baru terlihat apakah ada gelumbung atau tidak. Kalau ada gelembung dari velg, maka ada kebocoran,” ungkap Hendra Wijaya, Marketing Director HSR Wheel.

Pinhole dapat terjadi di mana saja, namun yang paling umum terjadi pada pinggang velg sehingga angin pada ban menjadi lebih cepat habis. Kerusakan tersebut sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan cara dilas, namun Hendra menegaskan bahwa mereka akan bertanggung jawab penuh bila ada pinhole di produk HSR Wheel. Tanggung jawab tersebut adalah dengan mengganti velg rusak dengan yang baru.

“Kami tidak menutup kemungkinan ada produk yang seperti itu. Bisa saja dari 1000 velg, ada satu yang mengalami kerusakan. Dan untuk itu, kami tanggungjawab langsung dengan mengganti velg baru,” tegasnya.

Cacat produksi lain yang bisa diadukan adalah adanya keretakan pada velg meski hanya membentur lubang kecil. Kondisi tersebut bisa langsung diklaim ke toko HSR Wheel dan pelanggan bisa mendapat ganti velg baru.

“Kerusakan velg karena membentur lubang biasanya hanya menyebabkan kerusakan kecil sepeti peyang pada mobil. Tapi kalau sampai ada keretakan  yang menyeluruh di velg, itu artinya memang ada kesalahan dari produksi dan kami bertanggungjawab atas hal tersebut,” tegasnya.

Meski mengaku bertanggung jawab, sepanjang 2019 HSR Wheel hanya mendapat sekitar 10 klaim. Padahal pada tahun tersebut, mereka berhasil menjual lebih dari 1000 velg. Itu artinya hanya 1 persen kerusakan yang terjadi dari seluruh velg HKS Wheel.

“Untuk melakukan klaim, cukup langsung ke toko HSR Wheel dan kami akan lakukan pemeriksaan. Bila benar itu adalah cacat produksi, maka akan langsung kami ganti dengan yang baru,” tutup Hendra. [Adi/Idr]

 


Komentar