Pakai Ban GT Radial Bisa Hemat BBM Share this
Tips
Mode baca

Pakai Ban GT Radial Bisa Hemat BBM

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 26 Januari 2016

JAKARTA - Salah satu cara termudah agar konsumsi bahan bakar kendaraan lebih irit adalah pintar-pintar memilih ban. Sebab ban diklaim berkontribusi sebesar 7 persen bila dikaitkan dengan efisiensi bahan bakar.

Hal itu diutarakan oleh Arijanto Notoraharjo, General Manager PT Gajah Tunggal Tbk -- produsen ban GT Radial (mobil), IRC (motor), dan Zeneos (motor).

Karena itu pula, Arijanto menjelaskan, sejak tahun 2010, GT Radial telah memproduksi ban ramah lingkungan untuk passenger car dan sepedamotor. Dua jenis ban milik GT Radial adalah Champiro Eco untuk mobil penumpang dan IRC Enviro untuk sepedamotor.

"Kedua jenis ban tersebut telah menggunakan teknologi nano silica untuk menjaga kestabilan tekanan angin sehingga meringankan kinerja mesin kendaraan. Ban dengan tekanan angin yang tepat dapat meningkatkan penghematan bahan bakar," papar Arijanto di acara Curhat Otomotif 2016 FORWOT, Jakarta.

Ditegaskan Ari, ban IRC Enviro juga menggunakan bahan kimia non aromatik (NAO-Non Aromatic Oil) yang dapat mengurangi pencemaran dan bersifat non karsinogenik yang tidak memicu kanker. Penggunaan NAO tersebut menjadikan IRC Enviro sebagai ban sepedamotor yang telah memenuhi standar E-Mark (berlakukan di Eropa).

Di samping itu, GT Radial terus berupaya menghasilkan ban ramah lingkungan dan tidak sebagai limbah merugikan untuk kehidupan manusia. [Ikh/Idr]


Komentar