Vinales: Kesalahan Lorenzo Seperti Pembalap Rookie Share this
MotoGP
Mode baca

Vinales: Kesalahan Lorenzo Seperti Pembalap Rookie

Ary Dwinoviansyah
pada 17 Juni 2019

BARCELONA — Maverick Vinales dibuat meradang oleh kelakuan Jorge Lorenzo yang dianggap merusak balapan MotoGP Catalunya, Spanyol (16/6). 

Tiga pembalap yaitu Vinales, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso sangat kecewa karena terjatuh akibat kesalahan Lorenzo. Vinales bahkan sangat reaktif dan menyebut Lorenzo berperilaku layaknya anak baru. 

"Jika kamu menanyakan kepada saya, itu seperti kesalahan seorang rookie dan dia adalah juara dunia 5 kali," buka Vinales.  

Vinales menilai sikap agresif Lorenzo itu masih terlalu dini. Menurutnya, pembalap Repsol Honda itu seharusnya bisa lebih bersabar menunggu momentum. Lorenzo bisa mendahuluinya di trek lurus yang notabene tinggal 4 tikungan lagi.  

"Saya melihat dia di dalam dan saya coba untuk menghindari tabrakan. Jujur tikungan ini (T10) selalu sulit. Tapi, ayo lah Anda ada di posisi 4 dan baru satu lap. Kamu tidak bisa memenangkan balapan dalam 2 lap," kata Vinales. 

Berkat tindakannya itu, Vinales terpaksa harus menyaksikan balapan dari paddock. Padahal, pembalap Monster Energy Yamaha cukup kompetitif di seri ke-7 kemarin. 

Vinales bisa meraih lap time tercepat ketiga di kualifikasi, meski akhirnya harus start dari grid ke-6 karena penalti. Selain menggagalkan upayanya untuk meraih podium, Lorenzo juga memumpuskan harapan Rossi dan Dovizioso.

"Tentunya dia merusakan balapan kami. Dia membuat saya dan Rossi keluar di mana kami tidak bersaing untuk kejuaraan. Tapi, dia mengeluarkan Dovizioso yang sedang bersaing untuk itu. Sulit untuk mengejar 25 poin (jarak antara Marquez dan Dovizioso)," tutur Vinales. 

Vinales juga kesal karena Lorenzo tidak meminta maaf kepadanya. Meskipun, Lorenzo mengatakan telah menyambangi paddock tim Yamaha. Namun,  Vinales maupun Rossi tak berada di tempat. Pada akhirnya, Vinales menerima bahwa itu adalah insiden. Tapi, Ia juga dibuat bingung karena Lorenzo sudah melakukan overtaking dari dalam saat sesi warm-up lap. 

"Dia melakukan overtake tanpa alasan. Saya tidak mengerti. Di Mugello pun dia bermasalah dengan Jack Miller di warm-up lap," tutup Vinales. [Ary/Ari]


Komentar