Usia Emas Toyota Corolla di Dunia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Usia Emas Toyota Corolla di Dunia

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 16 September 2016

Foto: 50 tahun Toyota Corolla telah hadir di dunia

TOYOTA CITY - Mobil terpopuler dan bersejarah di dunia, Toyota Corolla merayakan hari jadinya yang ke-50.

Toyota Corolla pertama kali diluncurkan tahun 1966 dengan mengusung dua model yaitu saloon dan estate. Mengusung konsep kendaraan untuk semua orang, Toyota memberikan fitur-fitur terbaik seperti yang kita ditemui pada mobil mewah.

Corolla berasal dari bahasa Latin yang berarti mahkota bunga. Nama tersebut dipilih karena Toyota memiliki harapan besar bahwa kendaraan ini dapat laku di pasar otomotif dunia.

Corolla menggunakan berbagai filosofi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumennya. Mobil dengan kualitas tinggi, daya tahan dan andal di segala kondisi merupakan filosifi utama Toyota dalam menciptakan mobil ini.

Hanya membutuhkan waktu singkat, Corolla menjelma menjadi mobil paling laris di Jepang dan jumlah permintaan terus meningkat. Melihat fakta tersebut, Toyota meningkatkan produksinya dari 480.000 di tahun pertama menjadi 1 juta unit per tahun.

Setahun setelah pengenalan versi Japan Domestic Market (JDM), Toyota memperkenalkan Corolla di Eropa dan Amerika Utara pada 1968. Untuk produksi Corolla di luar Jepang, dimulai di Australia, Malaysia dan hingga saat ini total 16 pabrik di seluruh dunia. Sepanjang kiprahnya di dunia, mobil ini telah terjual lebih dari 44 juta unit dari 11 generasi.

Corolla merupakan model tertua kedua Toyota setelah Land Cruiser dan model kedelapan yang paling lama diproduksi dalam industri otomotif dunia.

Sementara itu, Toyota telah menghadirkan Corolla di Indonesia sejak 1971. Ketika itu, Corolla yang masuk ke Indonesia adalah generasi kedua dan menggunakan mesin 3K berkapasitas 1.200cc dengan 4-percepatan manual.

Saat ini, Toyota masih menjual Corolla di Indonesia dengan nama Toyota Corolla Altis. Ini adalah generasi ke-11 Corolla dan terakhir mengalami ubahan pada 2014. [Amo/Ikh]


Komentar