50 Tahun, Corolla Bantu Toyota Jadi Perusahaan Kelas Dunia Share this
Berita Mobil
Mode baca

50 Tahun, Corolla Bantu Toyota Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Adi Hidayat
pada 29 Maret 2016

NEW YORK – 50 tahun sudah Toyota Corolla hadir di tengah-tengah industri otomotif dunia. Penjualannya pun terbilang luar bisa karena telah berhasil menjual sebanyak 43 juta unit.

Toyota pun merayakan hari jadi Corolla ini dengan semarak. Sebuah kampanye bertajuk Corolla 50th Anniversary digelar guna memperlihatkan bahwa Toyota Corolla telah memberikan beragam kenangan, perjalanan dan momen lebih banyak dibandingkan mobil lain di seluruh dunia.

Bila melihat sejarahnya, Toyota pertama kali  menjual Corolla pada November 1966 di Jepang. Corolla kemudian masuk ke pasar Amerika Serikat pada tahun 1968 dan langsung mendapat sambutan hangat. Corolla pun membantu mengubah jangkauan global Toyota dan jumlah produksinya meningkat 2 kali lipat dari 480.000 unit menjadi 1,1 juta mobil dari tahun 1965 hingga 1968.

Toyota-Corolla-2

Dan kini, Toyota pun memberikan tampilan yang lebih segar dan fitur baru pada Toyota Corolla 2017. Salah satu fitur tersebut adalah Toyota Safety Sense-P technology dan back-up camera untuk semua model.

Kenangan bersama Corolla

Toyota-Corolla-3

Bisa dikatakan, Corolla telah menjelma menjadi mobil paling laris sepanjang masa. Maka tidak heran bila banyak cerita dan kenangan dari para pecintanya. Untuk itu, Toyota pun mengajak para pengguna Corolla untuk menyampaikan cerita lucu mereka selama menggunakan mobil tersebut. Pengguna Corolla bisa menyampaikan cerita melalui BuzzFeed dan menggunakan hashtag #Corolla50.

Video-video tersebut bisa dilihat pada corolla50.toyota.com, sebuah situs yang didedikasikan untuk merayakan 50 tahun Corolla. Situs ini dilengkapi dengan undian untuk mendapatkan Toyota Corolla 2017.

Akio Toyoda, President and CEO of Toyota Motor Corporation mengatakan bahwa dirinya menggunakan Toyota Corolla GT pada tahun 1980an ketika diIa baru menjadi sarjana.

“Saya menggunakan Corolla 1600 GT generasi keempat dan mobil tersebut seakan telah menjadi teman bagi saya. Mobil tersebut menunjukkan apa yang disebut dengan menikmati perjalanan, merepresentasikan kebebasan dan kesenangan. Corolla tidak hanya mempengaruhi saya atau orang-orang lain tapi juga membantu Toyota bertransformasi menjadi perusahaan kelas dunia,” ungkapnya.

Corolla memang sepenuhnya menjadi batu loncatan bagi Toyota dalam meraih capaian global. Sejak tahun 1966, Toyota berencana untuk membangun 30.000 unit Corolla per bulan dengan kapasitas produksi maksimal 50.000 per bulan.

Namun Corolla berhasil mendapat antusiasme secara instan. Kesuksesan di Amerika Serikat membantu Toyota meraih penjualan 1 juta unit secara global dalam waktu 4 tahun setelah peluncuran. Dan di era 1970an, Corrolla telah menjadi mobil nomor 2 yang paling banyak diekspor dari Jepang.

Kini, Toyota Corolla telah terjual sekitar 1,5 juta pertahun secara global. Corolla dibangun di 16 pabrik di dunia termasuk Blue Springs, Miss (sejak Oktober 2011) dan Cambrige, Ontario, Canada (sejak November 1988).

Sampai hari ini Toyota Corolla telah menetaskan 11 generasi. Honda Civic dan Chevrolet Cruze merupakan dua lawan Corolla. [Adi/Idr]

Source : Toyota Corolla Merayakan Ultah ke-50


Komentar