Tuk-tuk Jadi Kendaraan Umum Tercepat di Nurburgring Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tuk-tuk Jadi Kendaraan Umum Tercepat di Nurburgring

Amos Arya
pada 04 Juni 2019

NURBURGRING - Kendaraan umum tuk-tuk berhasil mencatatkan waktu terbaik yaitu 31 menit dan 49,46 detik di sirkuit Nurburgring.

Sirkuit Nurburgring umumnya dijadikan salah satu fasilitas untuk menguji kendaraan mass production terbaru dari berbagai brand. Pada umumnya sirkuit ini dijadikan salah satu acuan untuk menguji performa kendaraan baru tersebut.

Berbagai rekor telah diciptakan oleh berbagai brand dan catatan waktu tercepat saat ini diraih oleh Porsche 911 GT2 RS MR. Sedangkan untuk segmen kendaraan hybrid, catatan waktu tercepat berhasil diperoleh Porsche 919 Hybrid dengan perolehan waktu 5 menit 19,546 detik.

Uniknya, catatan waktu tercepat di sirkuit ini juga ada untuk segmen kendaraan umum. Tuk-tuk atau kendaraan roda tiga asal Thailand menjadi kendaraan umum yang berhasil mencatatkan waktu tercepat melintasi sirkuit balap ini.

Tim balap kendaraan umum tersebut datang langsung dari Thailand sejak 3 tahun lalu dan telah beradaptasi dengan kondisi sirkuit yang diklaim cukup menakutkan. Pada sesi pengujian, tuk-tuk dikendarai oleh satu pengemudi rahasia dan dua orang penumpang.

Kendaraan umum ini mampu melibas sirkuit dengan panjang 20,8 km ini dalam 31 menit 49,46 detik. Bahkan untuk mencatatkan waktu secepat itu, salah satu ban dari tuk-tuk sempat terangkat beberapa kali.

“Kendaraan roda tiga ini sangat rapuh dan tidak stabil. Di beberapa tikungan kami merasa seperti naik kendaraan roda dua! Kami tidak akan pernah melakukan hal ini lagi, ini sangat mengerikan,” tutur salah satu penumpang.

Sebelum berhasil mencatatkan rekor tersebut, tim tuk-tuk ini juga pernah melakukan pengujian pada tahun lalu dan dinilai gagal karena berbagai hal. Setelah pengujian tersebut, tim tuk-tuk asal Thailand melakukan beberapa modifikasi pada bagian mesin dengan bantuan pabrikan mobil Koenigsegg. [Amo/Idr]


Komentar