Toyota Akui Agya 1.2-Liter akan Kejutkan Konsumen Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Akui Agya 1.2-Liter akan Kejutkan Konsumen

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 23 Maret 2017

Foto: Modifikasi Toyota Agya 1.0-liter

JAKARTA - Toyota Agya 1.2-liter 4-silinder dipastikan akan mengejutkan konsumen di Indonesia.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah melakukan studi jika mobil ramah lingkungan dan harga terjangkau (Low Cost Green Car/LCGC) Agya 1.2-liter 4-silinder sudah sangat memenuhi kriteria konsumen Toyota di kelas entry-level hatchback.

"Kami siapkan memang di kelas entry-level hatchback, karena kebutuhannya sudah berubah. Ya mungkin (masyarakat) sudah ada yang dengar bahwa ada perubahan, yang pasti kami sedang siapkan (Toyota Agya 1.2-liter)," kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto kepada Otospirit.com di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Kabar Toyota Agya 1.2-liter sudah beredar di tengah masyarakat dengan tagline baru: Agya Have Fun Go Max. LCGC ini menggunakan mesin NR 1.2-liter Dual VVT-i 4-silinder, 16 Valve DOHC dengan semburan tenaga 88 ps (86 hp) pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 108 NM pada 4.200 rpm.

Sementara itu, Toyota Agya 1.0-liter masih menawarkan mesin 1KR-DE 3-silinder 12 Valve, DOHC melontarkan tenaga 67 ps (66 hp) pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm mulai 3.600 rpm.

Pria karib disapa Soerjo itu pun menegaskan tidak ada keraguan memasarkan Toyota Agya 1.2-liter 4-silinder karena berdasarkan studi selama ini, mobil itu sudah dinanti banyak konsumen Toyota di Indonesia.

Melihat dari kebutuhan di kelas LCGC, TAM sendiri telah menyediakan Toyota Agya 1.0-liter dan Toyota Agya 1.2-liter. Artinya konsumen bisa memilih mobil mana yang lebih cocok untuk digunakan sehari-hari.

Dari segi harga, Toyota Agya 1.2-liter dipastikan akan dijual lebih mahal daripada Agya 1.0-liter, karena terjadi pembengkakan di ruang mesin. Otospirit.com memberitakan jika Agya 1.2-liter akan dijual Rp 150 jutaan atau mirip-mirip dengan LCGC MPV Toyota.

Wajar jika akan terbentuk segmen baru di segmen entry-level hatchback khususnya kelas LCGC.

"Kami sudah melakukan studi. Berbeda kapasitas mesin dalam satu model

sudah biasa dilakukan Toyota. Kijang dulu ada 1.5-liter, 1.8-liter dan 2.0-liter. Dan Avanza 1.3-liter dan 1.5-liter, itu semua berbeda segmen. Dan kami percaya Agya 1.2-liter akan laris manis di Indonesia," tutup Soerjo. [Ikh]


Komentar